STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK PAKAIAN BEKAS IMPOR MELALUI MODAL SOSIAL (Studi: Toko Riko Pakaian Bekas Impor di Pasar Senen)

NADIA PUTRI ZULIYA, . (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK PAKAIAN BEKAS IMPOR MELALUI MODAL SOSIAL (Studi: Toko Riko Pakaian Bekas Impor di Pasar Senen). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nadia Putri Zuliya, Strategi Pengembangan Usaha Melalui Modal Sosial Produk Pakaian Bekas Impor, Studi: Toko Riko Pakaian Bekas Impor di Pasar Senen, Skripsi, Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023 Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keberlangsungan bisnis Riko Senen dalam pengembangan usahanya, dan untuk mendeskripsikan kontribusi modal sosial James Coleman yang dibangun oleh bisnis Riko Senen dalam upaya pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial yang dikemukakan oleh James Coleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan terhadap bisnis Riko Senen yang merupakan salah satu supplier besar pakiaan bekas impor yang terdapat di Pasar Senen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022. Subjek penelitian ini terdiri dari pemilik dari bisnis Riko Senen, 2 orang karyawan toko, serta mewawancarai customer bisnis Riko Senen yang berjumlah 3 orang. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi di lokasi penelitian, wawancara mendalam dengan para narasumber, serta dokumentasi yang diperoleh secara langsung maupun dari informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam keberlangsungan usahanya, bisnis Riko Senen bergerak sebagai penjual sekaligus supplier pakaian bekas impor yang membangun kepercayaan, mempunyai aturan, dan memiliki pola relasi jaringan yang berguna dalam hal pemasaran produk. Relasi sosial yang dimiliki oleh Riko Senen menciptakan 6 sumber modal yang bermanfaat sesuai yang dikemukakan oleh James Coleman. (1) Kewajiban dan ekspektasi dengan adanya tingkat kredibilitas tinggi yang terbangun dalam relasinya kepada para customer. (2) Norma dan sanksi efektif yaitu ketentuan mengenai harga dan proses pembayaran antara pemilik kepada customer. (3) Potensi informasi yang melekat pada relasi-relasi sosial yang dimiliki kepada pemasok utama, customer, dan konsumen bisnisnya. (4) Relasi wewenang dengan pemberian hak kendali anatara pemilik kepada karyawan ataupun tenaga kerja. (5), organisasi sosial yang disesuaikan, dalam hal ini ialah penggunaan media sosial tiktok dalam mendukung penjualan. (6) Organisasi yang disengaja berupa penggunaan hashtag thrifting (#thrifting) dalam setiap konten yang diupload agar dapat terhubung dengan para penjual lainnya, dan konsumen pencinta thrifting. Bisnis Riko Senen mampu membangun dan memelihara keterkaitan positif antara ketiga unsur modal sosial berupa kepercayaan, jaringan, dan norma lewat relasi sosial melalui keenam sumber modal tersebut yang bermanfaat untuk kebertahan dan pengembangan bisnis yang dinamis dan kompleks. Kata kunci: modal sosial, pakaian bekas impor, bisnis pakaian bekas impor ABSTRACT Nadia Putri Zuliya, Business Development Strategy through Social Capital of Imported Used Clothing Products, Study: Toko Riko Used Imported Clothing in Pasar Senen, Thesis, Jakarta: Department of Sociology, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2023 This research aims to describe how Riko Senen's business sustainability in running its business, and to describe the contribution of social capital built by Riko Senen's business in business development efforts. This research uses social capital theory proposed by James Coleman. This research uses a qualitative approach with a case study method. The research was conducted on the Riko Senen business which is one of the large suppliers of imported used clothing in Pasar Senen. The research was conducted in December 2022. The subjects of this research consisted of the owner of the Riko Senen business, 2 store employees, and interviewed 3 customers of the Riko Senen business. Data collection was carried out by researchers through observation at the research location, in-depth interviews with informants, and documentation obtained directly or from informants. The results showed that in the sustainability of its business, Riko Senen's business moves as a seller and supplier of imported used clothing that builds trust, has rules, and has a network relationship pattern that is useful in terms of product marketing. The social relations owned by Riko Senen create 6 sources of useful capital as proposed by James Coleman. (1) Obligations and expectations with a high level of credibility built in relations to customers. (2) Effective norms and sanctions, namely provisions regarding prices and payment processes between owners and customers. (3) Information potential inherent in the social relationships it has with its key suppliers, customers, and business consumers. (4) Authority relations by granting control rights between the owner and his employees or workforce. (5), adapted social organization, in this case the use of tiktok social media in supporting sales. (6) Intentional organization in the form of using the thrifting hashtag (#thrifting) in every uploaded content in order to connect with other sellers, and thrifting-loving consumers. Riko Senen's business is able to build and maintain a positive relationship between the three elements of social capital in the form of trust, networks, and norms through social relations through these six sources of capital which are beneficial for the survival and development of a dynamic and complex business. Keywords:, social capital, thrifting, thriftshop

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Evy Clara, M.Si. 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd.,MA.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 18407 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:21
Last Modified: 21 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39229

Actions (login required)

View Item View Item