STRATEGI PEMBELAJARAN IPS DALAM MENJALANKAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif di SMP Negeri 172 Jakarta)

PRAMUDYA GUNAWAN, . (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN IPS DALAM MENJALANKAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif di SMP Negeri 172 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran yang dilakukan guru di SMP Negeri 172 Jakarta pada mata pelajaran IPS dalam menjalankan pendidikan inklusif bagi peserta didik berkebutuhan khusus. (2) Mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan yang ditemui selama pembelajaran IPS di SMP Negeri 172 Jakarta ketika menjalankan pendidikan inklusif pada peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 172 Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala SMP Negeri 172 Jakarta, Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, Guru BK, Guru Mata Pelajaran IPS, dan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus atau teman sejawatnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran IPS dalam menjalakan pendidikan inklusif diterapkan melalui kegiatan pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, tes atau evaluasi, dan kegiatan lanjutan dalam lingkup pembelajaran. (2) Upaya guru dalam mengatasi hambatan selama penerapan strategi pembelajaran adalah dengan pemakluman sikap peserta didik, komunikasi dengan peserta didik dan koordinasi dengan wali kelas. The purpose of this research are to: (1) Discover the application of social studies learning strategies by teachers at SMP Negeri 172 Jakarta on social studies subjects in carrying out inclusive education for disability students. (2) Discover the teacher's efforts in overcoming obstacles encountered during social studies learning at SMP Negeri 172 Jakarta when carrying out inclusive education for disability students. The research was conducted at SMP Negeri 172 Jakarta. The research method used is descriptive with a qualitative approach, with data collection through observation, interviews and documentation. The subjects in this study were the Principals of SMP Negeri 172 Jakarta, Deputy Principals for Academic Affairs, Counseling Teachers, Social Studies Subject Teachers, and disability students or their colleagues. The results of the study concluded that: (1) Social studies learning strategies in carrying out inclusive education are implemented through preliminary activities, information delivery, student participation, tests or evaluations, and follow-up activities within the scope of learning. (2) The teacher's efforts in overcoming obstacles during the implementation of learning strategies are by announcing the attitudes of students, communicating with students and coordinating with the homeroom teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si 2). Achmad Nur Hidayaht, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 18511 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:31
Last Modified: 21 Aug 2023 05:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39238

Actions (login required)

View Item View Item