BENTUK INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK REGULER DENGAN BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 232 JAKARTA

RESTI MELINAWATI ANGGRAENI, . (2023) BENTUK INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK REGULER DENGAN BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 232 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui bentuk interaksi sosial yang terjadi pada peserta didik reguler dengan berkebutuhan khusus di SMP Negeri 232 Jakarta, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya bentuk interaksi sosial peserta didik reguler dengan peserta didik berkebutuhan khusus di SMP Negeri 232 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 232 Jakarta Timur selama empat bulan dari Februari sampai dengan Mei 2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik reguler, peserta didik berkebutuhan khusus, guru BK, GPK, dan wali kelas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Ditemukan kerja sama dalam bentuk kerja kelompok, belajar bersama, dan kerja bakti, 2) Peserta didik reguler memaklumi, dan menghargai keberadaan peserta didik berkebutuhan khusus, 3) Ditemukan peserta didik reguler yang mengganggu dan mengejek peserta didik berkebutuhan khusus maupun sebaliknya, 4) Peserta didik reguler pernah merasakan persaingan dan rasa iri terhadap peserta didik berkebutuhan khusus, 5) Beberapa peserta didik reguler dengan berkebutuhan khusus pernah terlibat perselisihan, 6) Usaha untuk mengurangi dan menghentikan perselisihan antara peserta didik reguler dengan berkebutuhan khusus dengan melibatkan pihak ketiga. Faktor dominan yang mempengaruhi bentuk interaksi sosial antara peserta didik reguler dengan berkebutuhan khusus di SMP Negeri 232 Jakarta terdiri atas faktor imitasi, identifikasi, dan empati. Adapun dua faktor lainnya, yakni simpati dan sugesti tidak terlihat terlalu dominan dalam interaksi sosial. ***** This research aims to: 1) Knowing the form of social interaction that occurs in regular learners with special needs in SMP Negeri 232 Jakarta, 2) describe the factors that influence the occurrence of forms of social interaction regular learners with special needs learners in SMP Negeri 232 Jakarta. The research was conducted at SMP Negeri 232 East Jakarta during four months from February until May 2023 This research uses descriptive methods with a qualitative approach, while data collection techniques through observation, interviews, documentation, and literature studies. Subjects in this study were regular learners, learners with special needs, teacher guidance and counseling, shadow teacher, and homeroom teacher. The results of the research concluded that: 1) found cooperation in the form of group work, joint study, and community service, 2) regular students understand, and appreciate the existence of students with special needs, 3) found regular students who disturb and mock students with special needs and vice versa, 4) regular students have felt competition and envy towards students with special needs, 5) some regular, 6) efforts to reduce and stop disputes between regular learners with special needs by involving third parties. The dominant factor that affects the form of social interaction between regular learners with special needs in SMP Negeri 232 Jakarta consists of imitation, identification, and empathy. As for the other two factors, sympathy and suggestion do not seem too dominant in social interaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman. M,Si. ; 2). Nurul Istiqomah, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 18462 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:04
Last Modified: 21 Aug 2023 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39243

Actions (login required)

View Item View Item