TAS BERMEREK TIRUAN SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Kasus: 5 Mahasiswi di Jakarta Utara)

ATHAYA ALFIANDES, . (2023) TAS BERMEREK TIRUAN SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Kasus: 5 Mahasiswi di Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy

Abstract

Athaya Alfiandes, Tas Bermerek Tiruan sebagai Gaya Hidup (Studi Kasus: 5 Mahasiswi di Jakarta Utara), Skripsi. Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan menjawab dua masalah pokok yakni faktor pendorong yang membuat lima mahasiswi di Jakarta Utara mengkonsumsi tas bermerek tiruan dan menjelaskan tas bermerek tiruan menjadi gaya hidup menurut perspektif Bourdieu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Subjek penelitiannya 5 informan mahasiswi dengan kriteria berusia 20-22 tahun serta memiliki karakteristik pernah menggunakan dan mempunyai tas bermerek tiruan yang berdomisili di Jakarta Utara. Peneliti juga melakukan wawancara dengan penjual tas bermerek tiruan dan influencer dengan inisial D dan I untuk memberikan tanggapan serta triangulasi data terhadap penelitian ini. Dalam penelitian ini data sekunder diperoleh melalui beberapa sumber foto, artikel yang berkaitan dengan tas bermerek tiruan. Penelitian ini menggunakan Teori Gaya Hidup dengan konsep habitus, arena, selera, dan kapital yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu. Pelaksanaan penelitian secara online dan offline dilakukan sejak April 2021 hingga Juli 2021 dengan lokasi penelitian di Jakarta Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong dalam membeli tas bermerek tiruan ini mahasiswi dipengaruhi oleh faktor harga, faktor kualitas, dan faktor nilai keindahan. Motif dalam membeli tas bermerek tiruan yakni untuk kepentingan untuk menjaga image yang baik dihadapan orang lain, kepuasan pada dirinya sendiri, serta kepercayaan dirinya sehingga kelima mahasiswi menggunakan tas bermerek tiruan untuk kepentingan diri dan kepentingan sosial karena untuk menjaga image atau menciptakan diri yang lebih baik dihadapan orang lain. Hal ini yang menjadikan tas bermerek tiruan sebagai budaya baru dalam membentuk gaya hidup pada mahasiswi yang seakan sudah menjadi prioritas gaya hidup mereka yang pada akhirnya menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas atau identitas diri dalam lingkungan di kampus maupun di luar kampus. Selain itu, penggunaan tas bermerek tiruan juga dilakukan untuk alat dalam arena sosial yaitu pola pertemanan. Dalam penggunaan tas bermerek tiruan ini sebagai gaya hidup masih mengandalkan kapital lainnya seperti kapital ekonomi, kapital budaya, kapital simbolik dan kapital sosial. Praktik konsumsi tas bermerek tiruan ini juga digunakan untuk strategi dalam perpindahan posisi atau menaiki tangga sosial dalam arena sosial untuk mendapatkan pengakuan sosial. Kata kunci: Tas Bermerek Tiruan, Gaya Hidup, Image Athaya Alfiandes, Imitation Branded Bags as a Lifestyle (Case Study: 5 College Students in North Jakarta), Thesis. Jakarta: Department of Sociology, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2023. This research aims to address two main issues: the driving factors behind five female college students in North Jakarta consuming imitation branded bags and to explain how imitation branded bags have become a lifestyle from Bourdieu's perspective. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection in this study was obtained through observation, in-depth interviews, and literature study. The research subjects were 5 female informants aged 20-22, who had used and owned imitation branded bags, residing in North Jakarta. The researcher also conducted interviews with sellers of imitation branded bags and influencers identified as D and I, to provide responses and triangulate data for the study. Secondary data were obtained from various sources including photos and articles related to imitation branded bags. This research employs the Lifestyle Theory with concepts of habitus, field, taste, and capital as proposed by Pierre Bourdieu. The research was conducted both online and offline from April 2021 to July 2021, with the research location in North Jakarta. The research findings indicate that the driving factors behind the purchase of imitation branded bags by these female college students are influenced by price, quality, and aesthetic value. The motives for buying imitation branded bags include maintaining a positive image in front of others, personal satisfaction, and self-confidence. Therefore, these five students use imitation branded bags for both self and social purposes, aiming to maintain or create a better self-image in front of others. This phenomenon has led to imitation branded bags becoming a new cultural element in shaping the lifestyle of these students, which has eventually become their distinctive identity within the campus and beyond. Additionally, the use of imitation branded bags serves as a tool for social interactions, particularly in friendship circles. The adoption of imitation branded bags as a lifestyle still relies on other forms of capital, such as economic, cultural, symbolic, and social capital. The consumption practices of imitation branded bags are also employed as strategies for social mobility and recognition within the social sphere. Keywords: Imitation Branded Bags, Lifestyle, Image

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Suryana, M.Si. 2). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 18364 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:49
Last Modified: 21 Aug 2023 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39286

Actions (login required)

View Item View Item