PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUIZ TEAM PADA MATERI LITOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 DEPOK

TIKA PARAANISA, . (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUIZ TEAM PADA MATERI LITOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover (2).pdf

Download (805kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran quiz team pada materi Litosfer sub bab Tenaga Endogen di SMA Negeri 6 Depok. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Group Pre-test and Post-test Design. Sampel yang digunakan pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan metode pembelajaran Quiz team dalam pembelajaran dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dalam bentuk soal pre-test dan post-test. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan teknik uji instrumen, uji data persyaratan analisis, dan uji analisis data. Hasil dari pengujian data yang dilakukan terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 72,50 dari 55,78. Sedangkan perolehan kelas kontrol menjadi 60,31 dari 53,12. Kesimpulan ini juga didukung dengan perolehan nilai Sig. pada uji t tidak berpasangan sebesar 0,000 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima dikarenakan nilai Sig. < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh penerapan hasil belajar di kelas X SMA Negeri 6 Depok setelah menggunakan metode pembelajaran Quiz team dalam pembelajaran geografi. ***** This research will aim to find out the result of students’ learning process by implementing the ‘quiz team’ learning method on the Endogenic Forces sub-chapter within the Lithosphere material in SMA Negeri 6 Depok. This research will be apart of the Quasi Experiment with the Group Pre-test and Post-test Design. The sample that is going to be used in this research will be taken with the Purposive Sampling technique. The sample that is going to be used in this research will be grade X IPS 1 as the experiment class which will utilize the ‘quiz team’ learning method during classes and grade X IPS 2 as the control class which will utilize the conventional learning method during classes. The data collection will be conducted in the form of a multiple choices test with 20 questions acting as pre-test and post-test. The testing in this research will use the instrumentation, analytic requirement, and data analysis technique. The result of the data testing that is going to be conducted will reveal the existence of an impact on the learning results of students in the experiment class. The experiment class shall experience a significant increase in learning results with the average grade of 72,50 from 55,78. Whereas the control class shall gain an average of 60,31 from 53,12. This conclusion will be supported by how the Sig. score obtained on the T test will not match for 0,000 meaning H_0 is denied and H_a is accepted because the Sig. score is < 0,05. Thus, there will be an impact from the implementation of learning results in the X grade of SMA Negeri 6 Depok after using the ‘quiz team’ learning method during geography class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ilham B. Mataburu, S.Si., M.Si. ; 2). Lia Kusumawati, S.Si., M.Eng.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18241 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:49
Last Modified: 21 Aug 2023 23:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39288

Actions (login required)

View Item View Item