Rifqi Syakhshi Farobi, . (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA SUB MATERI BENCANA ALAM DI KELAS XI SMAN 89 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Rifqi Syakhshi Farobi, 1402617066, Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Mitigasi Bencana Banjir Di Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Negeri 89 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan video animasi sebagai media pembelajaran dan dapat melihat pemanfaatan dari penggunaan media pembelajaran berbentuk video animasi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik tingkat SMA 89 Jakarta, dengan peserta didik kelas XI Geografi 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Geografi 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pada materi mitigasi bencana, kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbentuk video animasi. Data yang diperoleh berasal dari nilai Pre-Test dan Post-Test yang diberikan pada kedua kelas sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran ini ditempuh selama 3 kali pertemuan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data ini dibagi menjadi 3, yaitu melakukan uji instrumen, uji persyaratan analisis data dan uji analisis data. Berdasrkan hasil pengujian data yang dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari hasil Pre-Test dan Post-Test pada nilai peserta didik di kelas eksperimen. Kelas eksperimen mengalami penigkatan nilai peserta didik dikelas sebesar 16,0 dari 47,6 menjadi 63,6, sedangkan kelas kontrol hanya terjadi peningkatan nilai sebesar 15,9 dari 44,8 menjadi 15,9. Kesimpulan ini juga diambil dari nilai Sig. Pada independent sample T-test sebesar 0,01 artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran berbentuk video animasi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci : Video Animasi, Hasil Belajar Kognitif, Mitigasi Bencana. ABSTRACT Rifqi Syakhshi Farobi, 1402617066, Differences in Cognitive Learning Outcomes of Students in Using Animation Video Learning Media on Flood Disaster Mitigation Materials in Class Xi 89 Senior High School Jakarta. , Jakarta: Geography Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. This study aims to determine the use of animated video as a learning medium and to see the utilization of the use of instructional media in the form of video animation on the cognitive learning outcomes of students at SMA 89 Jakarta, with students in class XI Geography 2 as the experimental class and class XI Geography 1 as class control. This study uses a quantitative method with an experimental approach. In disaster mitigation material, the experimental class uses learning media in the form of animated videos. The data obtained comes from the Pre-Test and Post-Test scores given to both classes before and after teaching and learning activities. This learning activity was carried out for 3 meetings. The techniques used to analyze this data are divided into 3, namely conducting instrument tests, testing data analysis requirements and testing data analysis. Based on the results of the data testing conducted, this study shows that there is an influence from the results of the Pre-Test and Post-Test on the scores of students in the experimental class. The experimental class experienced an increase in the value of students in class by 16.0 from 47.6 to 63.6, while the control class only experienced an increase in value of 15.9 from 44.8 to 15.9. This conclusion is also drawn from the Sig. In the independent sample T-test of 0.01, it means that there is influence in the use of instructional media in the form of animated videos on students' cognitive learning outcomes. Keywords : Animation Videos, Cognitive Learning Outcomes, Disaster Mitigation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M..Pd., M.Si. 2). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 18245 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:46 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 04:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39311 |
Actions (login required)
View Item |