RIKO ROSADY, . (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 CIBINONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (482kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 hingga akhir April 2019 di SMK Negeri 1 Cibinong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran sejarah di SMKN 1 Cibinong yang meliputi proses pembelajaran sejarah di kelas dan kendala-kendala guru dalam menyampaikan dan menyelesaikan tujuan pada pembelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 1 Cibinong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru dan siswa kelas X. Untuk memvalidasi data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan temuan data yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Cibinong sudah mengikuti kebijakan terbaru menurut Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 07/D.D5/KK/2018 mengenai Struktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan, yaitu pembelajaran sejarah hanya dipelajari pada siswa kelas X. Pembelajaran sejarah yang dilaksanakan oleh guru sejarah yang berlatar belakang pendidikan sejarah pada kelas X Sistem Informasi Jaringan (SIJA) 1, X Multimedia 2, X Multimedia 3, X Teknik Otomasi Industri (TOI), dan X Teknik Otomasi Industri (TOI) 2. Pada pelaksanaan pembelajaran, terdapat berbagai kendala yang menganggu proses pembelajaran sejarah. Kendala-kendala tersebut seperti guru yang kesulitan dalam menyelesaikan materi yang banyak dengan waktu yang sedikit, kehadiran guru, sumber belajar yang belum memadai, dan semangat dari peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Hal ini membuat pembelajaran yang dilaksanakan mengalami sedikit gangguan. Jika mengacu pada Instrumen penilaian yang telah dibuat berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Cibinong dapat dikatakan sudah cukup efektif dimana pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dalam pelaksanaannya terdiri dari tahap perencanaan (Prota,Prosem,Silabus,RPP), tahap pelaksanaan (Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, Kegiatan Penutup), dan tahap penilaian atau evaluasi pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Sejarah, Pembelajaran Sejarah ABSTRACT RIKO ROSADY. The effectiveness of history learning in SMK Negeri 1 Cibinong. A thesis. Jakarta: History Education Department. Faculty of Social Science. Jakarta State University,2020. The research was conducted in January until April 2019 in SMK Negeri 1 Cibinong. This research was aimed to describes the effectiveness of history learning at SMK Negeri 1 Cibinong which consisted of the process of history learning in the class and the teacher’s obstacles in conveying and accomplishing the material on history learning in class X of SMK Negeri 1 Cibinong. This research used qualitative research methods. The data research was obtained through observation, interview, and documentation. The research subject consisted of Vice Principal for Curriculum, teacher, and the students of class X. To validate the data, the research used triangulation. Based on the findings of the data obtained, it showed that history learning implemented at SMK Negeri 1 Cibinong has followed the latest policy according to the Decree of the Director General of Primary and Secondary Education Number: 07/D.D5/KK/2018 regarding the Structure of Vocational High School that learning history is only learned in the class X. Learning History was implemented by the teacher with the background in historical education in X SIJA 1, X Multimedia 2, X Multimedia 3, X TOI, and X TOI 2. In the implementation, there were various obstacles that disturbed the process of learning history. These constraints such as teacher who had difficulty in completing the material with the limited time, the presence’s of teacher, inadequate of learning sources, and the students’ enthusiasm in history learning. That was made the learning process run less effectively. If it refers to Permendikbud No. 22 2016 about process standards Historical Education in SMK Negeri 1 Cibinong has followed the good components of history learning, carried out of lesson plan activity, implementation of history learning, and the evaluation of history learning. Key words: The Effectiveness, Learning, History, History Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Kurniawati, M.Si. ; 2. Humaidi, M.Hum. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 636 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 16:03 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 16:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3932 |
Actions (login required)
View Item |