Pengaruh Jingle Iklan "Shopee COD” Di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Shopee (Studi Kuantitatif Pengguna Shopee COD Pada Followers Twitter @ShopeeID).

ASSYIFA AMELIA AZZAHRA, . (2023) Pengaruh Jingle Iklan "Shopee COD” Di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Shopee (Studi Kuantitatif Pengguna Shopee COD Pada Followers Twitter @ShopeeID). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf - Cover Image

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Draft Version

Download (770kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Draft Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (634kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Additional Metadata
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi nonpersonal, karena disampaikan melalui media. Iklan dibuat unik dan menarik agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat dengan mudah. Salah satunya dengan menggunakan jingle. Shopee menggunakan jingle dalam pembuatan iklannya, salah satu adalah Shopee COD. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh jingle iklan “Shopee COD” terhadap keputusan pembelian produk di Shopee. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah new media. Dalam hal ini, media internet menjadi tolak ukur bagi pengiklan dalam keberhasilan dan keefektifan dalam menjangkau masyarakat secara luas. Penelitian ini juga memiliki dua variabel, yakni variabel jingle iklan (X) dan keputusan pembelian (Y). Variabel X memiliki lima dimensi yakni memorability, meaningfulness, likability, adaptability, dan protectability. Sementara itu, variabel Y memiliki empat dimensi yakni motivasi, persepsi, pembentukan sikap, dan integrasi. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, pendekatan kuantitatif, dan tipe penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Twitter @ShopeeID yang berjumlah 892.800 pengikut dan sampel sebanyak 400 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis distribusi frekuensi, uji t, uji koefisien determinasi, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh jingle iklan terhadap keputusan pembelian produk di Shopee bagi pengguna Shopee COD pada followers Twitter @ShopeeID. Hasil penelitian juga sesuai dengan teori new media. Media digunakan untuk menyebarkan informasi secara cepat, mudah, dan efektif. Sebagaimana yang dilakukan followers Twitter @ShopeeID untuk mencari informasi mengenai produk di Shopee sebelum memutuskan melakukan pembelian menggunakan Shopee COD. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang kuat dan signifiikan pada jingle iklan Shopee COD terhadap keputusan pembelian produk di Shopee. Hal ini beberapa faktor seperti yang disampaikan dalam jingle iklan Shopee COD, diantaranya kemudahan bertransaksi, keamanan, serta efisiensi waktu dan biaya. Advertising is non-personal communication because it is conveyed through the media. Advertisements are made unique and attractive so that the message conveyed can be easily accepted by the public, which means using jingles. Shopee uses jingles in several advertisements, which is Shopee COD. This study aims to find out how Shopee-COD's ad jingle influenced product purchasing decisions at Shopee. The theory used in this research is new media. In this case, the internet is a benchmark for advertisers in their success and effectiveness in reaching the public. This study has two variables, which means advertising jingles (X) and purchasing decisions (Y). Variable X has five dimensions, namely memory, meaningfulness, liking, adaptability, and protective ability. While the Y variable has four dimensions, namely motivation, perception, attitude formation, and integration. This study uses a positivism paradigm, a quantitative approach, and a type of survey research. The population in this study were @ShopeeID's Twitter followers, which are 892,800 followers, and a sample of 400 people. This study uses the method of frequency distribution analysis, t-test, coefficient of determination, and simple linear regression analysis. The results of this study are Shopee-COD's ad jingle has an effect on the product purchasing decisions at Shopee for Shopee-COD users on @ShopeeID's Twitter followers. The research results are also in accordance with the theory of new media. In this case, the media is used to disseminate information quickly, easily, and effectively. @ShopeeID's Twitter followers find information about products at Shopee before deciding to make purchases using Shopee COD. Shopee-COD's ad jingles has a strong and significant effect on product purchasing decisions at Shopee. Those are some of the factors conveyed in the Shopee COD advertising jingle, including ease of transaction, security, and cost efficiency. Keywords: jingle, advertising, purchase desision

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dini Safitri, M.Si. 2). Maulina Larasati Putri, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 18383 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:22
Last Modified: 23 Aug 2023 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39368

Actions (login required)

View Item View Item