PENANAMAN CIVIC DISPOSITION MELALUI FILM PENDEK (Studi Project Based Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 78 Jakarta)

DIA HARINI SETIAWAN, . (2023) PENANAMAN CIVIC DISPOSITION MELALUI FILM PENDEK (Studi Project Based Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 78 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penanaman civic disposition dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yang dilakukan melalui pembuatan film pendek sehingga tercapainya tujuan akhir pembelajaran menurut Sisdiknas yaitu peserta didik yang berkarakter kewarganegaraan (civic disposition). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, dan untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam dilakukan melalui wawancara. Informan penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila, 6 orang peserta didik kelas X, dan seorang expert bidang pembelajaran Pendidikan Pancasila. Data yang terkumpul diolah melalui beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan sebuah kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah penggunaan desain pembelajaran berbasis proyek pembuatan film pendek Pancasila yang dilakukan di SMA Negeri 78 Jakarta pada kelas X untuk menanamkan karakter kewarganegaraan dilaksanakan melalui 3 langkah, meliputi persiapan perangkat pembelajaran yang mendukung pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran proyek diberikan sebagai tugas, dan evaluasi terdapat perubahan perilaku yang lebih positif pada peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan desain pembelajaran berbasis proyek pembuatan film pendek dapat menunjang penanaman karakter kewarganegaraan pada peserta didik karena keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pengumpulan informasi dan pemecahan masalah mendukung pengembangan atribut karakter kewargarganegaraan. The purpose of this research is to find out the process of instilling civic disposition in learning Pancasila Education which is carried out through making short film so that the final goal of learning according to the National Education System is achieved, namely students with civic character (civic disposition). The research was conducted using a qualitative approach with descriptive methods, data were collected through observation, and to obtain deeper information through interviews. The informants of this study were 1 teacher of the Pancasila Education subject, 6 grade X students, and an expert in the field of Pancasila Education learning. The collected data is processed through several steps, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing a conclusion. The finding of this study is the use of project-based learning designs for making Pancasila short films conducted at SMA Negeri 78 Jakarta in class X to instil civic disposition are carried out through 3 steps, including preparation of learning tools that support learning, implementation of project learning given as assignments, and evaluation showed a positive behaviour change in students. The conclusion of this study shows that the use of project-based learning design by making Pancasila short film can help cultivate students’ civic disposition because of the first-hand involvement of the students in the process of gathering information and problem solving actively support the development of civic disposition attributes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Moh. Maiwan, M.Si., Ph.D. 2). Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 18692 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:53
Last Modified: 24 Aug 2023 02:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39466

Actions (login required)

View Item View Item