WAWAN SYAHPUTRA WIJAYA, . (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KEBINEKAAN MODUL NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN QUALITY, APPROPRIATENESS, INCENTIVE, DAN TIME (QAIT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan pembelajaran Kebinekaan Modul Nusantara adalah salah satu bentuk implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Kegiatan tersebut memberi kesempatan untuk mahasiswa dalam mengeksplorasi bentuk keragaman budaya setempat dan menerapkan makna toleransi di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keberhasilan dari kegiatan pembelajaran tersebut pada mahasiswa inbound Universitas Negeri Jakarta Angkatan II. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Komponen dan aspek yang digunakan adalah model pengajaran QAIT dan subjek penelitian berfokus pada mahasiswa. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya kegiatan pembelajaran Kebinekaan Modul Nusantara telah mencapai keberhasilan dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Hal tersebut didukung pada kualitas materi dan kegiatan pembelajaran yang telah memenuhi tujuan pembelajaran, kemampuan mahasiswa yang baik dan siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, pemberian dorongan berupa motivasi untuk mahasiswa, serta waktu yang dialokasikan dan dimaksimalkan telah diberikan dan dimanfaatkan dengan baik. ***** The Diversity of Modul Nusantara learning activity implemented the Merdeka Belajar – Kampus Merdeka curriculum at the Pertukaran Mahasiswa Merdeka program. This activity provided an opportunity for students to explore forms of local cultural diversity and applied the meaning of tolerance to it. This study aimed to analyze the success of these learning activities for inbound students at the State University of Jakarta Batch II. The research methodology used was a qualitative approach with the case study method. The components and aspects used were the QAIT teaching model and the research subjects' focus on students. The results of this study found that the learning activities for the Diversity of Modul Nusantara had achieved success in implementing the Merdeka Belajar – Kampus Merdeka curriculum. This was supported by the quality of the material and learning activities that fulfilled the learning objectives, the ability of students who were good enough and ready to take part in learning activities, the provision of encouragement in the form of motivation for students, and the time allocated and maximized had been given and utilized properly.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd. ; 2). ZE. Ferdi Fauzan Putra, M.Pd.T. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 18927 not found. |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 02:08 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 02:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39669 |
Actions (login required)
View Item |