PERANCANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC MENGGUNAKAN TEKNIK KINETIC TYPOGRAPHY UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 40 JAKARTA

MASAGUS FADLIANSYAH SYAMSUDDIN, . (2023) PERANCANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC MENGGUNAKAN TEKNIK KINETIC TYPOGRAPHY UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan video media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Jepang di SMKN 40 Jakarta mengenai huruf hiragana, dengan menggabungkan media video dan media lagu. Video ini dibuat sebagai solusi dari masalah yang telah diidentifikasi, yaitu dikarenakan peserta didik memerlukan media pembelajaran tambahan dan guru tidak memiliki waktu untuk membuat video pembelajaran. Video media pembelajaran dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi guru dan sebagai media ajar yang dapat diakses diluar jam kegiatan belajar mengajar. Video pembelajaran yang dibuat menggunakan teknik motion graphic sehingga video yang dihasilkan terlihat lebih menarik. Penelitian ini dilakukan di SMKN 40 Jakarta di bulan Februari 2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Terdapat enam tahap dalam proses penelitian ini yaitu (1) perancangan konsep; (2) desain; (3) pengumpulan bahan; (4) perakitan; (5) pengujian; (6) distribusi. Hasil dari penelitian ini adalah video pembelajaran berbahasa Jepang dengan menggunakan lagu Aiueongaku karya GreeeeN dan mendapatkan nilai “Sangat Baik” saat diuji di SMKN 40 Jakarta pada siswa kelas X DKV 2. ***** This research was conducted with the aim of developing learning media videos in Japanese language subjects at SMKN 40 Jakarta regarding the letter hiragana by combining video media and song media. This video was made as a solution to the problems that have been identified, namely because students need additional learning media and teachers do not have time to make learning videos. Learning media videos are made to facilitate teaching and learning activities for teachers and as teaching media that can be accessed outside of teaching and learning hours. Learning videos are made using motion graphic techniques so that the resulting videos look more attractive. This research was conducted at SMKN 40 Jakarta in February 2023. The research method used in this research is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC). There are six stages in this method, namely: (1) concept design; (2) design; (3) material collection; (4) assembly; (5) testing; and (6) distribution. The result of this research is a Japanese language learning video using the song Aiueongaku by GreeeeN, which received a “Very Good” score when tested at SMKN 40 Jakarta on class X DKV 2 students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fuad Mumtas, M.T.I. ; 2). Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 18544 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:49
Last Modified: 31 Aug 2023 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39678

Actions (login required)

View Item View Item