IMPLEMENTASI STUDI INDEPENDEN DALAM MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS: CYCLE 3 DI STARTUP MYEDUSOLVE)

DINDA OKTARIANA, . (2023) IMPLEMENTASI STUDI INDEPENDEN DALAM MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS: CYCLE 3 DI STARTUP MYEDUSOLVE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dinda Oktariana, Implementasi Studi Independen dalam Merdeka Belajar (Studi Kasus: Cycle 3 di Startup MyEduSolve) Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Merdeka belajar adalah suatu program yang diluncurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu contoh programnya adalah Studi Independen Bersertifikat yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa seluruh Indonesia. Kemendikbud memberikan kesempatan kepada perusahaan-perusahaan dari berbagai macam sektor industry untuk menjadi bagian dari MSIB. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Studi Independen di MyEduSolve dalam merdeka belajar, lalu hambatan-hambatan yang dihadapi perusahaan dalam pelaksanaan Studi Independen di MyEduSolve serta implikasi pelaksanaan Studi Independen di MyEduSolve. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari pengajar, staf kurikulum dan staf pelaksana di MyEduSolve. Peneliti melakukan proses triangulasi terhadap peserta yang mengikuti kegiatan Studi Independen di MyEduSolve, proses triangulasi dilakukan kepada empat peserta yang mengikuti program Studi Independen Kampus Merdeka. Keempat peserta tersebut berasal dari program yang berbeda dan penelitian dilakukan sejak September – Desember 2022. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan Studi Independen yang dilakukan selama beberapa bulan menunjukkan pelajar dapat berfokus terhadap pemikiran kreatifnya, karena pada hakekatnya manusia adalah individu yang bebas. Adapun beberapa program yang diikuti oleh mahasiswa adalah Data Analyst, Data Science, UI/UX, iOS Developer, VR Games, Dalam hal ini hadirnya program Kampus Merdeka yaitu Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, mitra bebas menentukan program yang akan diajukan ke pihak MSIB dan untuk pembelajaran didalamnya juga dibebaskan sepenuhnya kepada mitra. Kata Kunci: Merdeka Belajar, Studi Independen, Kurikulum Merdeka Merdeka belajar is a program launched by the Ministry of Education and Culture. One example of the program is Studi Independen Bersertifikat which can be attended by all students throughout Indonesia. The Ministry of Education and Culture provides opportunities for companies from various industrial sectors to become part of MSIB. This study aims to find out how the implementation of Studi Independen in MyEduSolve in merdeka belajar, then the obstacles faced by companies in implementing Studi Independen policy in MyEduSolve and the implications of implementing Studi Independen policy in MyEduSolve. The case study method is a qualitative methodology that was applied in this research. Teachers, curriculum staff, and implementation personnel from MyEduSolve made up the research subjects. For participants that participated in MyEduSolve's Studi Independen, the researcher carried out a triangulation approach. Four participants were included in the triangulation process. The four participants were drawn from a variety of schools, including those for Data Analysts, UI/UX designers, iOS developers, and data scientists. The study took place between September 2022 and December 2022. The result of this study is that Studi Independen activities carried out for several months show that with Merdeka belajar policy, students can focus on their creative thinking, because in essence humans are free individuals. In this case, the presence of a Studi Independen policy, namely the Studi Independen Bersertifikat (SIB), partners are free to determine the program to be submitted to MSIB and for learning in it is also fully freed up to partners. Keyword: Merdeka belajar policy, Studi Independen, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suyuti, M.Pd. 2). Devi Septiandini, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 18848 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:02
Last Modified: 24 Aug 2023 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39696

Actions (login required)

View Item View Item