PENGARUH DIGITAL PARENTING DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

PUSPITA RINI NGULANDARI, . (2023) PENGARUH DIGITAL PARENTING DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy

Abstract

Keluarga bukan satu-satunya faktor yang dapat membentuk karakter disiplin. Sekolah tempat anak mendapatkan pendidikan dan pengalaman dapat membentuk karakter disiplin. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh digital parenting dan iklim sekolah terhadap karakter disiplin pada siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data dilaksanakan pada bulan April – Mei 2023. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google form. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 251 yang terdiri atas siswa kelas 7 dan 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital parenting termasuk dalam kategori rendah, iklim sekolah termasuk dalam kategori sedang, dan karakter disiplin termasuk dalam kategori sedang. Artinya, gaya pengasuhan digital belum maksimal, iklim sekolah menunjukkan iklim yang sehat dan karakter disiplin menunjukkan hasil yang cukup baik. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara digital parenting terhadap karakter disiplin serta iklim sekolah terhadap karakter disiplin dengan p-value = 0,000 < 0,05. Hasil signifikansi regresi berganda menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara digital parenting dan iklim sekolah terhadap karakter disiplin pada siswa dengan p-value sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, orang tua perlu meningkatkan pendampingan dan kontrol kepada anak dengan menerapkan digital parenting serta pihak sekolah mempertahankan iklim sekolah yang sehat untuk membentuk dan meningkatkan karakter disiplin pada siswa. ***** Family is not the only factor that can shape the character of discipline. Schools where children get education and experience can shape the character of discipline. This study aims to determine the effect of digital parenting and school climate on student’s discipline. The research method used an associative quantitative approach and data collection was carried out from April to May 2023. The research distributing questionnaires using the Google form. The research sample was selected using a proportionate stratified random sampling technique with a total of 251 respondents consisting of students in grades 7 and 8. The results showed that digital parenting was in the low category, the school climate was included in the medium category, and the character of discipline in the medium category. This means, the digital parenting style is quite good, the school climate shows a healthy climate and the disciplinary character shows quite good results. The results of the regression test show that there is a significant influence between digital parenting on disciplinary character and school climate on disciplinary character with p-value = 0.000 <0.05. The results of multiple regression significance show that there is a significant influence between digital parenting and school climate on the disciplinary character of students with a p-value of 0.000<0.05. Therefore, parents need to increase assistance and control to children by implementing digital parenting and the school maintains a healthy school climate to form and improve the character of discipline in students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Elmanora, M.Si. ; 2). Maya Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 18754 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:04
Last Modified: 28 Aug 2023 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39821

Actions (login required)

View Item View Item