PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PAI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMKN 5 JAKARTA

MUHAMMAD LUTHFI AL HADAD, . (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PAI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMKN 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-e.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB 1-e.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 2-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-e.pdf

Download (336kB)

Abstract

PAI atau Pendidikan Agama Islam saat ini yang merupakan salah mata pelajaran dari kurikulum 2013 yang bertujuan melatih kemampuan berpikir kritis melalui proses pembelaran namun, kemampuan berpikir kritis yang ada pada siswa tergolong rendah dan PAI yang rendah disebabkan adalah pemberian doktrin tanpa adanya timbal balik antara guru dan siwa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dalam PAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMKN 5 Jakarta. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimental dengan metode pre- eksperimental dengan menggunakan satu grup kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes pretest-posttest, dan dokumnetasi. Penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan pengujian statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya ada pengaruh signifikan pada pendekatan saintifik dalam PAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMKN 5 Jakarta dengan hasil uji statistik dengan nilai sig < 0,001 pada uji hubungan dua sampel yang berhubungan dan dengan nilai sig 0,001 pada uji hubungan dua sampel independent, yang berarti adanya pengaruh pendekatan saintifik dalam PAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMKN 5 Jakarta. Kata kunci: Pendekatan, Saintifik, Berpikir Kritis Islamic Religious Education is currently one of the subjects of the 2013 curriculum which aims to train critical thinking skills through the learning process. Shiva. This study aims to determine the effect of a scientific approach in Islamic Religious Education on students' critical thinking skills at Vocational High School 5 Jakarta. This research is an experimental research with a pre-experimental method using a control group. Methods of data collection using pretest-posttest tests, and documentation. This study analyzed data using statistical tests. The results of this study indicate that there is a significant influence on the scientific approach in Islamic Religious Education on the critical thinking skills of students at the 5th Jakarta Vocational High School with statistical test results with a sig value of <0.001 in the relationship test of two related samples and with a sig value of 0.001 in the test the relationship between the two independent samples, which means that there is an influence of a scientific approach in Islamic Religious Education on students' critical thinking skills at Vocational High School 5 Jakarta. Keywords: Approach, Scientific, Critical Thinking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. 2). Yusuf Ismail, M.A.Hum.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19051 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 05:00
Last Modified: 01 Sep 2023 05:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39887

Actions (login required)

View Item View Item