PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAKBOLA

IYAN NURDIYAN HARIS, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAKBOLA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran, model pembelajaran inkuiri pemodelan, nkuiri, kooperatif tipe STAD, dan efikasi diri terhadap hasil belajar permainan sepakbola. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 3x2 dan teknik alisis varians (anava). Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone berjumlah 121 siswa. Teknik pengambilan sampel yakni cluster random sampling. Total sampel yang digunakan 90 orang siswa. Instrument efikasi diri diukur dengan menggunakan angket dan hasil belajar sepakbola menggunakan tes keterampilan sepakbola yang terdiri dari tiga bentuk tes yaitu passing, dribbling, dan shooting. Analisis data yang digunakan independent sample t-test kemudian dilanjutkan dengan analisis varians (ANAVA). Temuan penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran Inkuiri, (2) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar sepakbola, (3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar sepakbola, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar sepakbola, (5) terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran inkuiri pada siswa dengan self-efficacy tinggi, (6) terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran kooperatif tipe STADpada siswa dengan selfefficacy tinggi, (7) terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif tipe STADpada siswa dengan self-efficacy tinggi, (8) tidak terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran Inkuiri pada siswa dengan selfefficacy rendah, (9) terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa dengan self-efficacy rendah, (10) tidak terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa dengan self-efficacy rendah Kata Kunci: Model pembelajaran, efikasi diri, hasil belajar sepakbola Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran, model pembelajaran inkuiri pemodelan, nkuiri, kooperatif tipe STAD, dan efikasi diri terhadap hasil belajar permainan sepakbola. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 3x2 dan teknik alisis varians (anava). Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone berjumlah 121 siswa. Teknik pengambilan sampel yakni cluster random sampling. Total sampel yang digunakan 90 orang siswa. Instrument efikasi diri diukur dengan menggunakan angket dan hasil belajar sepakbola menggunakan tes keterampilan sepakbola yang terdiri dari tiga bentuk tes yaitu passing, dribbling, dan shooting. Analisis data yang digunakan independent sample t-test kemudian dilanjutkan dengan analisis varians (ANAVA). Temuan penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran Inkuiri, (2) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar sepakbola, (3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar sepakbola, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar sepakbola, (5) terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran inkuiri pada siswa dengan self-efficacy tinggi, (6) terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran kooperatif tipe STADpada siswa dengan selfefficacy tinggi, (7) terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif tipe STADpada siswa dengan self-efficacy tinggi, (8) tidak terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran Inkuiri pada siswa dengan selfefficacy rendah, (9) terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri pemodelan dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa dengan self-efficacy rendah, (10) tidak terdapat perbedaan hasil belajar sepakbola siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa dengan self-efficacy rendah

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Samsudin, M.Pd. 2). Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 18320 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:12
Last Modified: 28 Aug 2023 01:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39927

Actions (login required)

View Item View Item