HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU DENGAN PILIHAN KARIR SEBAGAI GURU (studi korelasi : Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS UNJ angkatan 2015)

PARAMITHA DEWI, . (2019) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU DENGAN PILIHAN KARIR SEBAGAI GURU (studi korelasi : Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS UNJ angkatan 2015). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER - NIM.pdf

Download (67kB)
[img] Text
02 ABSTRAK .pdf

Download (263kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
04 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (412kB)
[img] Text
05 SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (458kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (387kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
08 BAB 1.pdf

Download (517kB)
[img] Text
09 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
10 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
12 BAB 5.pdf

Download (375kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Paramitha Dewi, Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru dengan Pilihan Karir sebagai Guru (Studi Korelasi: Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS UNJ angkatan 2015). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan pilihan karir sebagai guru pada mahasiswa Pendidikan Imu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Jakarta angkatan 2015 yang masih aktif dan telah lulus mata kuliah Praktik Keterampilan Mengajar (PKM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi Pearson product moment diperoleh sebesar rxy = 0,735, yang artinya ada hubungan positif dengan tingkat hubungan yang kuat antara variabel bebas (persepsi mahasiswa tentang profesi guru) dengan variabel terikat (pilihan karir sebagai guru). Berdasarkan perhitungan signifikansi koefisien korelasi diperoleh t-hitung 9,080 > t-tabel 1,994 dan persamaan regresi linier sederhana Y = 88,307 + 0,602x, sehingga penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan pilihan karir sebagai guru dengan koefisien determinasi sebesar 54,1%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan pilihan karir sebagai guru. Kata Kunci : Persepsi, Profesi Guru, Pilihan Karir. ABSTRACT Paramitha Dewi, The Relationship between Students' Perceptions of Teacher Profession and Career Choices as a Teacher (Correlation Study: Students of Social Studies Education Program UNJ 2015). Bachelor Thesis. Jakarta: Social Sciences Education Study Program, Faculty of Social Science, State University Jakarta. 2019. The purpose of this study was to determine the relationship between students' perceptions of the teaching profession and career choices as teachers of 2015 Social Sciences Education State University Jakarta students who are still active and have passed the Teaching Skills Practice (PKM) course. The research method used is the quantitative correlational method. The sampling technique uses purposive sampling. The results of this study indicate the Pearson product moment correlation coefficient obtained by rxy = 0,735, which means there is a positive relationship with the level of a strong relationship between the independent variables (students' perceptions of the teaching profession) with the dependent variable (career choices as teachers). Based on the calculation of the significance of the correlation coefficient obtained t-count 9,080> t-table 1,994 and simple linear regression equation Y = 88,307 + 0,602x, so this study shows a relationship between students' perceptions of the teaching profession and career choices as teachers with a determination coefficient of 54, 1% The conclusion of this study is that there is a positive relationship between students' perceptions of the teaching profession and career choices as teachers. Keywords: Perception, Teacher Profession, Career Options.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eko Siswono, M.Si 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 1113 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 14:24
Last Modified: 03 Mar 2020 14:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item