EFEKTIVITAS METODE TIKRAR DAN TILAWATI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MENGHAFAL SISWA DI MA AL 'IMAROH CIKARANG BARAT BEKASI

AMALIA DIYAH ISLAMIYATI, . (2023) EFEKTIVITAS METODE TIKRAR DAN TILAWATI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MENGHAFAL SISWA DI MA AL 'IMAROH CIKARANG BARAT BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan dan menganalisis penggunaan metode tikrar dan tilawati dalam pembelajaran tahfidz untuk meningkatkan kualitas menghafal siswa di Madrasah 'Aliyah Al 'Imaroh. Dalam kegiatan menghafal Al-Qur'an memiliki beberapa indikator yang perlu diketahui seperti kelancaran hafalan, penguasaan ilmu tajwid, serta kefashahan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, yang melalui tiga tahap pengumpulan data seperti: observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis hasil yang diperoleh, dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah 'Aliyah Al ''Imaroh Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa efektivitas penggunaan metode tikrar untuk meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an secara keseluruhan belum seutuhnya maksimal dengan masing-masing indikator seperti kelancaran hafalan terdapat peningkatan namun belum sepenuhnya maksimal. Selanjutnya dalam hal penguasaan ilmu tajwid, hasil dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode tilawati dapat disimpulkan cukup maksimal. Kemudian terkait indikator kefashahan, peneliti menemukan perencanaan terkait penggunaan metode tikrar untuk meningkatkan kefashahan dan dapat dikatakan cukup baik dikarenakan terdapat peningkatan selama satu tahun pembelajaran. Kata Kunci: Efektivitas, Metode hafalan, Kualitas Menghafal This research aims to describe and analyze the use of tikrar and tilawati methods in tahfidz learning to improve the quality of student memorization in Madrasah 'Aliyah Al 'Imaroh. In memorization activities, the Qur'an has several indicators that need to be known such as fluency in memorization, mastery of tajweed, and fashahan. The method used in collecting this research data is a qualitative descriptive approach with the type of field research, which goes through three stages of data collection such as: observation, interviews, and documentation as well as analysis of the results obtained, by taking the research location in Madrasah 'Aliyah Al'' Imaroh, West Cikarang District, Bekasi Regency. Based on the results of the study, the effectiveness of using the tikrar method to improve the quality of memorizing the Qur'an is not fully maximal with each indicator such as memorization fluency there is an increase but not fully maximized. Furthermore, in terms of mastery of tajweed knowledge, the results of the implementation of learning using the tilawati method can be concluded quite maximally. Then related to the fashahan indicator, researchers found planning related to the use of the tikrar method to increase kefashahan and can be said to be quite good because there was an increase during one year of learning. Keywords: Effectiveness, Memorization method, Memorization Quality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA. 2). Dr. Andy Hadiyanto, MA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19101 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:01
Last Modified: 29 Aug 2023 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40118

Actions (login required)

View Item View Item