IMPLEMENTASI PROGRAM KHUSUS KELAS RISET DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA DI MTS NEGERI 1 KEBUMEN

KHOIRUNNISA, . (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM KHUSUS KELAS RISET DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA DI MTS NEGERI 1 KEBUMEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Khoirunnisa, Implementasi Program khusus kelas riset dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Ilmiah siswa di MTs Negeri 1 Kebumen. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program khusus kelas riset dalam menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah siswa di MTS Negeri 1 Kebumen. MTs Negeri 1 Kebumen merupakan madrasah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama untuk menyelenggarakan riset. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi program khusus kelas riset dilakukan melalui tiga tahapan yaitu 1) tahap perencanaan. Tahap perencanaan meliputi penetapan visi misi dan tujuan, perencanaan kurikulum, sumber daya manuasia dan pembelajaran. 2) tahap pelaksanaan. Program khusus kelas riset dilaksanakan melalui penambahan mata pelajaran muatan lokal riset dan layanan tambahan riset, kunjungan lapangan kerisetan (outting class), kegiatan pelatihan dan workshop kepenulisan, serta partisipasi dalam ajang perlombanan karya ilmiah seperi MYRES. 3) tahap evaluasi. Evaluasi program khusus kelas riset dilakukan dengan evaluasi program setiap bulan yang mengkaji capaian dan hambatan yang ada pada program khusus kelas riset. Impelementasi program yang dilakukan secara multitahap ini mampu mendukung dan mendorong siswa untuk bisa menyusun proposal dan laporan penelitian yang pada prosesnya merupakan aktivitas yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga mampu menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah siswa. Kata kunci: Implementasi, Madrasah, Riset, Berpikir ilmiah Khoirunnisa, Implementation of the Special Research Class Program in Cultivating Students' Scientific Thinking Skills at MTs Negeri 1 Kebumen. Undergraduate Thesis, Jakarta: Study Program of Islamic Education, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. This research aims to describe the implementation of the special research class program in cultivating students' scientific thinking skills at MTs Negeri 1 Kebumen. MTs Negeri 1 Kebumen is a madrasah designated by the Ministry of Religious Affairs to conduct research. The methodology used in this research is descriptive qualitative methodology with a case study approach. Data sources were obtained from interviews, observations, and documentary studies. The results of this research indicate that the implementation of the Special Research Class Program is carried out through three stages: 1) the planning stage. The planning stage includes establishing the vision, mission, and objectives, curriculum planning, human resources, and learning resources. 2) the implementation stage. the special research class program is implemented through the addition of local content subjects on research and additional research services, research field trips (outing class), training activities and writing workshops, as well as participation in scientific competition events such as MYRES. 3) the control stage. The control of the special research class program is done through monthly program evaluations that assess the achievements and obstacles in the Special Research Class Program. The implementation of this multi-stage program is able to support and encourage students to prepare research proposals and reports, which in the process require high-level thinking skills and can cultivate students' scientific thinking skills. Keywords: Implementation, Madrasah, Research, Scientific thinking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rihlah Nur Aulia, MA. 2). Sari Narulita, Lc., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 19047 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:09
Last Modified: 30 Aug 2023 00:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40209

Actions (login required)

View Item View Item