ANALISIS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN MAHASISWA PADA KEGIATAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DI SMK

ARIKA ROSADINA, . (2023) ANALISIS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN MAHASISWA PADA KEGIATAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DI SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi pembelajaran mahasiswa pada kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode penelitian menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini merupakan mahasiswa PTB UNJ yang telah melaksanakan PKM pada semester 117. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 52 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, dan SMKN 58 Jakarta pada Jurusan DPIB. Instrumen yang digunakan menggunakan 4 aspek yaitu guru, media pembelajran, materi pembelajaran, dan siswa. Hasil analisa data menunjukkan pada aspek pertama yaitu guru sebagai komunikator menempati persentase sangat baik yaitu 91,54%. Pada aspek kedua yaitu media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru mudah dipahami dan menarik minat belajar sebesar 46,15%. Pada aspek ketiga yaitu materi pembelajaran sebagai pesan komunikasi pembelajaran menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi cukup baik yaitu sebesar 56,15%. Pada aspek keempat yaitu siswa sebagai komunikan atau receiver dalam komunikasi pembelajaran menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dalam berkomunikasi dengan guru, hanya 50% yang sering bertanya di dalam kelas dan sisanya merupakan siswa yang pasif. Kesimpulan hasil penelitian, bahwa komunikasi pembelajaran mahasiswa pada kegiatan PKM di SMK dapat dikatakan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dari keempat aspek yang masuk dalam kategori sangat baik. ***** The purpose of this study was to determine the quality of prospective teacher learning communication in Teaching Skills Practice activities in Vocational High Schools. The research method uses quantitative research techniques with a descriptive approach. The subjects of this research were PTB UNJ students who had carried out Teaching Skills Practices in semester 117. This research was conducted at SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 52 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, and SMKN 58 Jakarta on DPIB Expertise Competency. The instrument used uses 4 indicators, namely teachers, learning media, learning materials, and students. The results of data analysis show that the first indicator, namely the teacher as a communicator, occupies a very good percentage, namely 91.54%. In the second indicator, namely learning media, it shows that the learning media used by teachers is easy to understand and attracts interest in learning by 46.15%. In the third indicator, namely learning materials as learning communication messages, it shows that students' understanding of the material is quite good, namely 56.15%. In the fourth indicator, namely students as communicants or receivers in learning communication, it shows that students are less active in communicating with teachers, only 50% often ask questions in class and the rest are passive students. The conclusion of the research results, that the quality of prospective teacher learning communication in Teaching Skills Practice (PKM) activities in Vocational High Schools can be said to be very good. This is evidenced by the average value of the four indicators which fall into the very good category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Dra. Daryati, MT.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18833 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:18
Last Modified: 31 Aug 2023 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40290

Actions (login required)

View Item View Item