PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA NEGERI 114 JAKARTA

IKHSAN RISCKI KURNIAWAN, . (2023) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA NEGERI 114 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK IKHSAN RISCKI KURNIAWAN, Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Negeri 114 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertunjuan untuk mengetahui informasi empiris apakah Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas SMA Negeri 114 Jakarta. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan mencakup seluruh siswa yang terdaftar di SMA Negeri 114 Jakarta pada tahun pelajaran 2022/2023, sebanyak 544 siswa dari 15 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel yang dipilih secara acak atau mengundi, dan kelas XI MIPA 1 sebanyak 36 siswa merupakan dari kelas eksperimen, sedangkan kelas XI MIPA 2 sebanyak 36 kelas merupakan sebagai kontrol selain itu, teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket motivasi siswa. Pada angket motivasi belajar siswa terlebih dahulu diperiksa validitas pernyataannya dengan rumus Pearson (product moment) dan pada uji reliabilitas dengan rumus Alpha-Crombach, dan teknik analisis data untuk pemeriksaan persyaratan analisis adalah teknik pemeriksaan normalitas dengan menggunakan rumus Liliefors, data pada kelas eksperimen L_hitung < L_tabel dengan n-36 yaitu 0,112 < 0, kemudian menyatakan distribusi normal. Saat berada di kelas kontrol L_hitung < L_tabel dengan n-36 yaitu 0,131 < 0,148 maka dinyatakan distribusi normal. Selanjutnya menggunakan teknik uji homogenitas dengan memakai rumus barlet X_hitung < X_tabel dengan taraf siginifikan (α = 0,05). Dari hasil perhitungan diperoleh 0,0180 < 3,8415, maka hipotesis Ho :o_1 = o_2 atau varians homogen diterima. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji t dari t_hitung sebesar 3,227 dan t_tabel dengan taraf signifikan 0,05 dengan n-2 sebesar 1,994. Sehingga dapat disimpulkan bahwa t_hitung (3,227) > t_tabel (1,994), maka dapat disimpulkan pembelajaran CTL memberi pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran sejarah di kelas XI IPA di SMA Negeri 114 Jakarta. Hasil temuan tersebut, pembelajaran CTL lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dikarenankan siswa memimiliki antusias rasa keinginantahuan yang tinggi untuk mengetahui dan memperdalam terhadap pembelajaran sejarah jika dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran biasa. Kata kunci : Motivasi Belajar Siswa, Contextual Teaching And Learning (CTL), Pembelajaran Sejarah ABSTRACT IKHSAN RISCKI KURNIAWAN, The Influence of Contextual Teaching and Learning (CTL) on Students' Motivation to Study History in Negeri 114 Jakarta. Thesis. Jakarta: History Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University. This study aims to find out empirical information whether Contextual Teaching And Learning (CTL) has an effect on the motivation to learn history in SMA Negeri 114 Jakarta class. The method used is an experiment with a quantitative approach, covering all students registered at SMA Negeri 114 Jakarta in the 2022/2023 academic year, a total of 544 students from 15 classes. The sampling technique used is random sampling technique. The samples were chosen randomly or in lots, and class XI MIPA 1 as many as 36 students were from the experimental class, while class XI MIPA 2 as many as 36 classes served as a control. In addition, the data collection technique was through the distribution of student motivation questionnaires. In the student learning motivation questionnaire, the validity of their statements is first checked using the Pearson formula (product moment) and in the reliability test using the Alpha-Crombach formula, and the data analysis technique for checking the analysis requirements is the normality checking technique using the Liliefors formula, data in the experimental class L_count < L_table with n-36, namely 0.112 <0, then declares a normal distribution. When in the control class L_count < L_table with n-36, namely 0.131 <0.148, it is declared a normal distribution. Then use the homogeneity test technique using the barlet formula X_count < X_table with a significant level (α = 0.05). From the calculation results obtained 0.0180 < 3.8415, then the hypothesis Ho:o_1 = o_2 or homogeneous variance is accepted. Hypothesis testing was carried out using the t test and based on the results of the study, the t test was obtained from t_count of 3.227 and t_table with a significant level of 0.05 with n-2 of 1.994. So it can be concluded that t_count (3.227) > t_table (1.994), it can be concluded that CTL learning has an influence on increasing student motivation in history lessons in class XI IPA at SMA Negeri 114 Jakarta. The findings show that CTL learning is more effective in increasing student learning motivation in history subjects because students have a high enthusiasm for knowing and deepening history learning when compared to ordinary learning activities. Keywords: Student Learning Motivation, Contextual Teaching And Learning (CTL), Learning History

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Abrar, M.Hum. 2). Sri Martini, SS, M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 19261 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:18
Last Modified: 30 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40316

Actions (login required)

View Item View Item