PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MANAJEMEN PERKANTORAN SMKN 12 JAKARTA

ALDINA BILQIS, .. (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MANAJEMEN PERKANTORAN SMKN 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara penggunaan gadget (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) terhadap minat belajar (Y) siswa kompetensi keahlian Manajemen Perkantoran SMKN 12 Jakarta baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan ukuran skala likert. Teknik analisis data melalui analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu propotional random sampling dengan acuan tabel penentu jumlah sampel oleh Isaac dan Michael yaitu penentuan sampel dengan tingkat kesalahan 5% maka dihasilkan sampel sejumlah 108 siswa. Hasil perhitungan analisis regresi linear berganda didapatkan Y = 20.351 + 0,100X1 + 0,102X2 + 0.689. Pengujian koefisien regresi simultan (uji F) didapatkan hasil F hitung 57.911 > F tabel 3.08 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian untuk hasil uji koefisien regresi parsial (uji T) pada variabel X1 didapatkan hasil T hitung 4.593 > T tabel 1.98282 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; variabel X2 didapatkan hasil T hitung 3.667 > T tabel 1.98282 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian simultan dan parsial tersebut, variabel penggunaan gadget (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (Y). Variabel independen penggunaan gadget (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) dapat menjelaskan variabel dependen minat belajar (Y) sebesar 52.5% sedangkan sisanya 47.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini. Kata Kunci: minat belajar, penggunaan gadget, dukungan sosial teman sebaya. ********* This study aims to determine the direct and indirect effect between the use of gadgets (X1) and peer social support (X2) on learning interest (Y) of students' Office Management Skills Competency at SMKN 12 Jakarta both partially and simultaneously. This study uses a quantitative approach with survey methods and data collection techniques using a questionnaire with a Likert scale size. Data analysis technique through multiple linear regression analysis. The sampling technique used in this study was proportional random sampling with reference to the table determining the number of samples by Isaac and Michael, namely determining the sample with an error rate of 5%, resulting in a sample of 108 students. The results of multiple linear regression analysis calculations obtained Y = 20,351 + 0.100X1 + 0.102X2 + 0.689. Simultaneous regression coefficient testing (F test) obtained the results of F count 57,911 > F table 3.08 with a significance value of 0.000 <0.05. Then for the results of the partial regression coefficient test (T test) on the variable X1, the results obtained were T count 4.593 > T table 1.98282 with a significance value of 0.000 <0.05; variable X2 obtained the results of T count 3.667 > T table 1.98282 with a significance value of 0.000 <0.05. Based on the results of the simultaneous and partial testing, the variable use of gadgets (X1) and peer social support (X2) has a positive and significant effect on learning interest (Y). The independent variables using gadgets (X1) and peer social support (X2) can explain the dependent variable interest in learning (Y) by 52.5% while the remaining 47.5% is influenced by other variables outside of this study. Keywords: interest in learning, gadget use, peer social support.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd, M.M. ; 2). Maulana Amirul Adha S.Pd M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 19334 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:41
Last Modified: 31 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40457

Actions (login required)

View Item View Item