ETIKA PEMBELAJARAN GURU DAN MURID PERSPEKTIF KH.HASYIM ASY'ARI

MUHAMAD CHIKAL FIRJATULLAH, . (2023) ETIKA PEMBELAJARAN GURU DAN MURID PERSPEKTIF KH.HASYIM ASY'ARI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGRI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (836kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (508kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak (Bahasa Indonesia) MUHAMAD CHIKAL FIRJATULLAH. Etika Pembelajaran Guru Dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asy’ari (Studi Tokoh). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negri Jakarta.. Latar belakang penelitian ini adalah Permasalahan tentang rendahnya etika murid yang terjadi disekolah pada saat proses pembelajaran khususnya etika murid dan guru ditandai dengan banyaknya kasus, salah satu kasus yang sering terjadi adalah ketika murid ditegur oleh gurunya, murid tersebut tidak menerima, bahkan di era saat ini ada juga murid yang melawan ketika ditegur. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif lebih tepatnya metode penelitian Studi Tokoh. Sumber utama penelitian ini adalah karya Kitab Adabul Alim wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy'ari, dan juga menggunakan sumber buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika guru dan murid yang dirumuskan oleh KH. Hasyim Asyari dalam Kitab Adabul Alim wal Muta’allim menunjukkan bahwa: guru dan murid harus memiliki etika yang baik untuk menjadi teladan bagi masyarakat, dan berpegang teguh pada sunnah, berjuang memberantas bid'ah dan istiqamah dalam ibadah, berakhlak mulia, mengembangkan pengetahuan. Kata Kunci : Etika Pembelajaran Guru dan Murid Abstrack (Bahasa Inggris MUHAMAD CHIKAL FIRJATULLAH. Teacher and Student Learning Ethics KH Perspective. Hasyim Asy'ari (Character Studies). Thesis. Jakarta: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University.. The background of this research is that the problem of low student ethics that occurs in schools during the learning process, especially student and teacher ethics, is characterized by many cases, one of the cases that often occurs is when students are reprimanded by their teachers, the students do not accept it, even in the current era. there are also students who fight back when reprimanded. The writing method used in this study is a qualitative method, more precisely the Character Study research method. The main source of this research is the book Adabul Alim wal Muta'allim by KH. Hasyim Asy'ari, and also uses books, journals and other scientific works as sources The results of this study indicate that the teacher and student ethics formulated by KH. Hasyim Asyari in the Book of Adabul Alim wal Muta'allim shows that: teachers and students must have good ethics to be role models for society, and adhere to the sunnah, strive to eradicate bid'ah and istiqamah in worship, have noble character, develop knowledge. Keywords: Teacher and Student Learning Ethics

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. H. Sa’adullah, S.Ag. M.Ag.,M.Si. 2). Yusuf Ismail, S.Ag. MA.Hum.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Etika
Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Ilmu Sejarah > Biografi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 19657 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:49
Last Modified: 04 Sep 2023 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40653

Actions (login required)

View Item View Item