PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMK NEGERI 12 JAKARTA

RARA ANGGITA, . (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMK NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMK Negeri 12 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 152 siswa kelas XII tahun ajaran 2023/2024 di SMK Negeri 12 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan ukuran sampel 5% menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dimensi magnitude/level memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dimensi efikasi diri lainnya. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berdasarkan original sample bertanda positif sebesar 0,282 dengan nilai t-statistic 2,847 > t-tabel 1,97 dan p-values 0,004 < α=0,05. 2) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berdasarkan original sample bertanda positif sebesar 0,602 dengan nilai t-statistic 6,220 > t-table 1,97 dan p-values sebesar 0,000 < α=0,05. 3) Efikasi diri dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berdasarkan F-hitung sebesar 17,325 > F-tabel sebesar 3,06. *** This study aims to determine the influence of self-efficacy and peer environment on students' interest in continuing their education to tertiary institutions at SMK Negeri 12 Jakarta. The method used is the quantitative method with a sample of 152 class XII students for the 2023/2024 academic year at SMK Negeri 12 Jakarta. The sampling technique used proportional random sampling with a sample size of 5% using the slovin formula. Data collection was carried out through a questionnaire with a Likert scale. The data analysis technique used in this study is the SmartPLS version 4.0 software application. The results of this study indicate that 1) The magnitude/level dimension has a greater influence than the other self-efficacy dimensions. Self-efficacy has a positive and significant effect on the interest in continuing education to tertiary institutions based on the original sample with a positive sign of 0.282 with a t-statistic of 2.847 > t-table of 1.97 and p-values of 0.004 < α=0.05. 2) Peer environment has a positive and significant effect on the interest in continuing education to tertiary institutions based on the original sample with a positive sign of 0.602 with a t-statistic of 6.220 > t-table of 1.97 and p-values of 0.000 <α=0.05. 3) Self-efficacy and peer environment have a positive and significant simultaneous effect on the intention to continue their education to tertiary institutions based on F-count of 17.325 > F-table of 3.06.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marsofiyati, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Umi Widyastuti, SE., ME.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 19518 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 05:13
Last Modified: 01 Sep 2023 05:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40743

Actions (login required)

View Item View Item