YASMIN SAVITRI NUR’AINI, . (2023) HUBUNGAN FAKTOR SOSIAL DENGAN PERILAKU PEMBELIAN KOSMETIK MEREK X PADA REMAJA DI KELURAHAN PEGANGSAAN, KECAMATAN MENTENG, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (804kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Faktor sosial merupakan sekelompok orang yang mempertimbangkan secara dekat persamaan yang secara terus- menerus bersosialisasi baik secara formal dan informal. faktor sosial dibagi menjadi dua kategori, yaitu: (1) primer, (2) sekunder. Perilaku pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu 1) Kebudayaan, 2) Sosial, 3) Pribadi, dan 4) Psikologis. Perkembangan remaja mempengaruhi berkembangnya faktor sosial terutama pada teman sebaya. Dalam faktor sosial teman sebaya, remaja akan memiliki rasa solidaritas yang tinggi, hal ini dipengaruhi karena remaja ingin mendapatkan pengakuan dari kelompok ataupun kelompok sosialnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode survei. Populasi ataupun objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja dengan usia 15-19 tahun di Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Pengumpulan data menggunakan google form. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu nilai normalitas 0,59 yang berarti data bersifat normal. Koefisien korelasi perilaku pembelian dengan faktor sosial sebesar 0,667 yang berarti hubungan antara faktor sosial dengan perilaku pembelian tergolong kuat. Nilai R square sebesar 0,444. Maka keputusan yang diambil adalah "H" _"0" ditolak dan "H" _"a" diterima, yang berarti hubungan faktor sosial dengan perilaku pembelian kosmetik merek X pada remaja memiliki arah yang signifikan. ***** Social factors are a group of people who consider closely the equation who constantly socialize both formally and informally. Social factors are divided into two categories, namely: (1) primary, (2) secondary. Buying behavior is influenced by several factors, namely 1) Cultural, 2) Social, 3) Personal, and 4) Psychological. Adolescent development affects the development of social factors, especially in peers. In peer social factors, adolescents will have a high sense of solidarity, this is influenced because adolescents want to get recognition from their group or social group. This research uses a type of quantitative research with a survey method approach. The population or object used in this study was adolescents aged 15-19 years in Pegangsaan Village, Menteng District, Central Jakarta. Data collection using google form. The result obtained from this study is a normality value of 0.59 which means the data is normal. The correlation coefficient of purchasing behavior with social factors is 0.667, which means that the relationship between social factors and buying behavior is strong. R square value is 0.444. Then the decision taken is that "H" _"0" is rejected and "H" _"a" is accepted, which means that the relationship of social factors with the buying behavior of brand X cosmetics in adolescents has a significant direction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Mari Okatini Armandari, M.K.M. ; 2). Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, S.Si, Apt., M.Si. |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Users 19278 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:34 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40814 |
Actions (login required)
View Item |