EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SMART CARD (BLUE CARD) PADA MOBIL BARANG DI UNIT PENGELOLA PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PULOGADUNG

SANDY VALDEZA, . (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SMART CARD (BLUE CARD) PADA MOBIL BARANG DI UNIT PENGELOLA PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PULOGADUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy

Abstract

BLUE card merupakan salah satu inovasi dari Dinas Perhubungan yang sesuai dengan Surat Keputusan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor 2874/AJ.402/DRJD/2017 Tentang Pedoman Teknis Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor. Inovasi pada BLUE card dapat terintegrasi dengan sistem berupa kartu pintar smart card agar tidak lagi pemalsuan data pengujian kendaraan bermotor. Akan tetapi, Penggunaan smart card (BLUE card) ini tentunya masih ditemukan permasalahan, dapat dilihat dari sisi pengguna kendaraan bermotor, smart card masih ditemukan kasus kehilangan smart card. Hal ini dapat terjadi karena kelalaian dari pengguna jasa smart card. Di sisi lain, penggunaan smart card juga memiliki dampak baik bagi pengguna jasa maupun pihak instansi. Melalui sistem yang terintegrasi ini akan mempermudah dalam hal penyimpanan data-data kendaraan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan smart card (BLUE Card) di UP PKB Pulogadung dan mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan smart card (BLUE card) untuk pengujian kendaraan bermotor. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berdasarkan kuesioner, observasi dan wawancara. Indikator yang digunakan yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan penggunaan dan manfaat bersih. Hasil penelitian ini yaitu dari keenam indikator dinyatakan cukup efektif serta penjelasan kelebihan dan kekurangan penggunaan smart card (BLUE card). Solusi penelitian ini yaitu dapat meningkatkan kualitas dari penggunaan smart card dari sisi kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, dari sisi penggunaan, meningkatkan kepuasan dari pengguna dan manfaat bersih dari smart card itu sendiri dan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan dari kekurangan smart card untuk dapat mempermudah dan meningkatkan pelayanan terhadap pengguna smart card dalam pengujian kendaraan bermotor. ***** The BLUE card is one of the innovations from the Department of Transportation in accordance with the Decree of the Director General of Land Transportation Number 2874/AJ.402/DRJD/2017 concerning Technical Guidelines for Passing the Periodic Test of Motor Vehicles. Innovations in BLUE cards can be integrated with systems in the form of smart cards to prevent falsification of motor vehicle test data. However, the use of smart cards (BLUE cards) is of course still found problems, it can be seen from the side of motorized vehicle users, smart cards are still found cases of losing smart cards. This can happen due to the negligence of the smart card service user. On the other hand, the use of smart cards also has an impact on both service users and agencies. Through this integrated system, it will be easier to store vehicle data. Therefore, this study aims to analyze the effectiveness of using a smart card (BLUE Card) in UP PKB Pulogadung and describe the advantages and disadvantages of using a smart card (BLUE card) for testing motor vehicles. This research was conducted with descriptive quantitative methods, with data collection techniques based on questionnaires, observations and interviews. The indicators used are system quality, information quality, service quality, usage, user satisfaction and net benefits. The results of this study are that the six indicators are stated to be effective enough and an explanation of the advantages and disadvantages of using a smart card (BLUE card). The solution for this research is to improve the quality of using smart cards in terms of system quality, information quality, service quality, in terms of usage, increasing user satisfaction and the net benefits of the smart card itself and being an evaluation and improvement material for smart card deficiencies to be able to simplify and improve services to smart card users in testing motorized vehicles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Kencana Verawati, S.S.T.,M.M.Tr
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Jalan Raya
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Users 19603 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:57
Last Modified: 04 Sep 2023 04:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40937

Actions (login required)

View Item View Item