UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BACKHAND PERMAINAN BULUTANGKIS MENGGUNAKAN MEDIA RAKET BADMINI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMPN 116 JAKARTA

FAQIH RISKI UTOMO, . (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BACKHAND PERMAINAN BULUTANGKIS MENGGUNAKAN MEDIA RAKET BADMINI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMPN 116 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (306kB)
[img] Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. Abstract.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
5. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (238kB)
[img] Text
6. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (720kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (264kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar backhand bulutangkis menggunakan media raket badmini pada siswa ekstrakurikuler bulutangkis SMPN 116 Jakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini yaitu seluruh peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMPN 116 Jakarta yang terdidi dari 20 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, yaitu dengan memberikan tindakan khusus kepada subjek untuk meningkatkan hasil belajar backhand bulutangkis dengan menggunakan raket badmini, adapun tahap pukulan backhand yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir (follow through). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu: melalui metode penelitian action research dengan mengganti raket menjadi raket badmini dapat meningkatkan hasil belajar backhand bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler bulutangkis SMPN 116 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan penelitian. Hal ini terlihat, dari tingkat kelulusan subjek pada tes awal berjumlah 6 siswa atau presentase 30%, sedangkan 14 siswa atau presentase 70% belum dapat mencapai nilai kelulusan, dikarenakan masih banyak kesalahan gerakan yang dilakukan oleh siswa dari mulai tahap awal, pelaksanaan, dan tahap akhir (follow through). Sikap pandangan dan badan masih kurang tepat dan masih banyak bercanda sehingga gerakannya masih kurang sempurna. Setelah diberikan tindakan siklus I tingkat kelulusan berjumlah 12 siswa atau presentase 60%, pada siklus I ini terjadi peningkatan jumlah siswa yang lulus, tetapi belum semua siswa bisa mencapai nilai kelulusan. Namun pada siklus I ini siswa sudah mulai mengerti tahap-tahap gerakan backhand buluutangkis, pada tahap awal sikap badan dan pandangan sudah mulai baik meskipun belum seluruh siswa lulus, pada tahap pelaksanaan masih ada siswa yang melakukannya tidak benar dan sikap badan yang kurang seimbang. Kemudian dilanjutkan pada siklus II, setelah dilakukan tahapan siklus II seluruh peserta didik sudah melakukan gerakan backhand bulutangkis mulai dari tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap akhir (follow through) degan baik dan benar. Sehingga seluruh peserta didik memperoleh hasil yang baik yaitu kellulusan pada tes akhir berjumlah 20 siswa atau presentase 100%. This study aims to improve learning outcomes of badminton backhand using badmini racquet media on badminton extracurricular students at SMPN 116 Jakarta. As for the subjects of this study were all badminton extracurricular participants of SMPN 116 Jakarta consisting of 20 students. The method used in this study is a action research method, namely by providing specific actions to the subject to improve learning outcomes of badminton backhand using badmini rackets, while the backhand stroke stage is the initial stage, the implementation stage, and the final stage (follow through). Based on the results of the study, it can be concluded that: through the action research method by replacing the racket into a Badmini racket can improve learning outcomes of badminton backhand in badminton extracurricular students at SMPN 116 Jakarta. This research was conducted with two research action cycles. This can be seen, from the graduation level of the subjects on the initial test amounted to 6 students or a percentage of 30%, while 14 students or a percentage of 70% have not been able to achieve a passing grade, because there are still many errors of movement made by students from the beginning, implementation, and stages end (follow through). The attitude of the view and the body is still not right and there are still many jokes so that the movement is still not perfect. After being given an action cycle I graduation rate totaling 12 students or a percentage of 60%, in this cycle I an increase in the number of students who graduate, but not all students can achieve a passing grade. But in this first cycle students have begun to understand the stages of badminton backhand movements, in the early stages of body posture and outlook have started well although not all students have graduated, at the implementation stage there are still students who do it incorrectly and unbalanced body attitudes. Then proceed to the second cycle, after the second cycle stage is done all students have done a bad backhand movement starting from the initial stage, the implementation stage and the final stage (follow through) with good and right. So that all students get good results, namely the graduation at the final test totaling 20 students or a percentage of 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khaeroni, M.Pd. ; 2). Del Asri, S.Si, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 826 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2020 12:24
Last Modified: 16 Mar 2020 12:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item