MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI PEMBALUT DENGAN PENERAPAN ANALISIS TUGAS MENGGUNAKAN MEDIA MODEL BAGI REMAJA PUTRI DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL

NUZULI RAMADHINA, . (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI PEMBALUT DENGAN PENERAPAN ANALISIS TUGAS MENGGUNAKAN MEDIA MODEL BAGI REMAJA PUTRI DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan analisis tugas menggunakan media model terhadap peningkatan keterampilan memakai pembalut remaja putri dengan hambatan intelektual. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dengan hambatan intelektual kelas IV SDLB di SLB Negeri 7 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan sebelum, sesudah, dan saat intervensi berlangsung. Analisis data yang digunakan adalah analisis inspeksi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan memakai pembalut yang dibuktikan dengan peningkatan perolehan skor pada kedua aspek penilaian, yaitu aspek memakai pembalut dan aspek membersihkan pembalut setelah digunakan. Pada aspek memakai pembalut perolehan skor pada kondisi baseline 1 (A) adalah 13 di mana skor tertinggi diperoleh pada tahapan membuka rekatan lem pembalut dan tahapan dengan skor terendah yaitu menempelkan pembalut pada pakaian dalam. Kondisi intervensi (B) dilakukan gunareali meningkatkan tahapan-tahapan dengan skor yang masih rendah pada tahapan kondisi baseline 1 (A) dan hasilnya diperoleh skor 17. Kondisi baseline 2 (A’) diperoleh skor 16. Penuruan skor terjadi pada tahapan menempelkan pembalut pada pakaian dalam di mana subyek masih memerlukan bantuan peneliti untuk menunjukkan posisi yang tepat dalam menempelkan pembalut. Pada aspek membersihkan pembalut setelah digunakan pada kondisi baseline 1 (A) diperoleh skor 23, kondisi intervensi (B) diperoleh skor 25 dan kondisi baseline 2 (A’) diperoleh skor 25. Peserta didik mampu melakukan beberapa tahapan memakai pembalut dan membersihkan pembalut secara mandiri, beberapa dengan sedikit atau banyak bantuan, dan satu tahapan dengan sepenuhnya bantuan guru. Dengan demikian, penerapan analisis tugas menggunakan media model dapat dipertimbangkan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik dengan hambatan intelektual yang sudah mengalami menstruasi. ***** This study aims to determine the effect of the application of task analysis using model media on improving the skills of wearing sanitary napkins for young women with intellectual disability. The subjects of this study were students with intellectual disability grade IV SDLB at SLB Negeri 7 Jakarta. The method used in this study uses the Single Subject Research (SSR) method and uses the A-B-A design. Data collection was conducted before, after, and during the intervention. The data analysis used is visual inspection analysis. The results showed that there was an increase in the skill of wearing pads as evidenced by an increase in scores in both aspects of the assessment, namely the aspect of wearing pads and the aspect of cleaning pads after use. In the aspect of using pads, the score obtained in baseline condition 1 (A) is 13 where the highest score is obtained at the stage of ungluing the pads and the stage with the lowest score is attaching pads to underwear. Intervention condition (B) was carried out to improve the stages with a low score at baseline condition stage 1 (A) and the result was obtained a score of 17. Baseline condition 2 (A') obtained a score of 16 because the decrease in score occurred at the stage of attaching pads to underwear where subjects still needed the help of researchers to show the right position in attaching pads. In the aspect of cleaning pads after use, the score at baseline condition 1 (A) is 23, intervention condition (B) is 25 and baseline condition 2 (A') is 25. Students are able to perform several stages of wearing pads and cleaning pads independently, some with little or a lot of assistance, and one stage with the full help of the teacher. Thus, the application of task analysis using model media can be considered as a learning medium for students with intellectual disability who have experienced menstruation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Indina Tarjiah, M.Pd. ; 2) Drs. Bahrudin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 19575 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 00:05
Last Modified: 05 Sep 2023 00:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41076

Actions (login required)

View Item View Item