PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEER TEACHING BERTANYA DALAM SERI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

NAJMA ANNUR PRAKOSO, . (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEER TEACHING BERTANYA DALAM SERI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa video pembelajaran peer teaching bertanya dalam seri keterampilan dasar mengajar menggunakan materi yang disesuaikan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu model Four-D (4D) yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus nilai rerata dan menggunakan rumus validasi isi Gregory untuk mengetahui kevalidan dari instrumen tersebut. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, pengembangan video tersebut mendapatkan dengan kategori sangat layak. Sedangkan berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan dengan kategori sangat layak. Sehingga video pembelajaran tersebut sudah dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu calon guru dalam mempelajari materi keterampilan bertanya. ***** This research aims to develop a product in the form of a peer teaching learning video asking questions in a series of basic teaching skills using material adapted to Vocational High Schools. The method used in this research is the research and development method or commonly called Research and Development (R&D). The research model used in this development is the Four-D (4D) model which is carried out in 4 stages, namely (1) Define, (2) Design, (3) Development, and (4) Disseminate. This study uses a questionnaire as a validation instrument carried out by material experts and media experts. Data analysis in this study used the mean value formula and used the Gregory content validation formula to determine the validity of the instrument. Based on the results of the validation carried out by material experts, the development of the video received an average score of 70.5 in the very feasible category. Meanwhile, based on the validation results carried out by media experts, an average value of 39.5 is in the very decent category. So that the learning videos can already be used as learning media that can help prospective teachers learn the material for questioning skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Dr. Santoso Sri Handoyo, M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18895 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 00:15
Last Modified: 05 Sep 2023 00:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41082

Actions (login required)

View Item View Item