PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR KETERAMPILAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK BERBASIS BERMAIN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

ARIFKA FADIL MUHAMMAD, . (2023) PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR KETERAMPILAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK BERBASIS BERMAIN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model belajar keterampilan gerak dasar lompat jauh berbasis bermain dan mengetahui keefektifan model belajar yang telah dikembangkan. Permasalahan yang menjadi dasar tersendiri untuk melakukan penelitian ini adalah beberapa literatur belum menemukan model belajar keterampilan lompat jauh di kelas IV pada jenjang sekolah dasar, khususnya kelas IV berdasarkan bermain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Borg and Gall melalui tahapan 10 langkah pengembangan. Peserta yang terlibat dalam uji kelompok kecil sebanyak 60 siswa dari 2 sekolah dan dalam uji kelompok besar 100 peserta didik. Kemudian peserta yang terlibat pada uji efektifitas model sebanyak 104 peserta didik yang dibagi menjadi 2 yaitu 52 peserta didik pada kelompok kontrol dan 52 peserta didik pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score (%) menunjukkan bahwa nilai rata-rata Skor N-Gain Score kelompok eksperimen adalah 76,56 atau 76,56% termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan rata-rata N-Gain Score untuk kelompok kontrol sebesar 34,88 atau 34,88% termasuk dalam kategori Tidak efektif. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan model belajar pada kelompok eksperimen adalah efektif untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lompat jauh. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama penelitian, yaitu: 1) Lebih baik guru memberikan instruksi langsung kepada siswa, dan memberikan contoh gerakan agar tidak terjadi kesalahan; 2) memperhatikan keterampilan awal peserta didik; 3) Model belajar gerak tersebut dapat diterapkan dari yang mudah hingga yang sulit atau yang memiliki kelebihan yang lebih baik, sehingga peserta didik harus lebih banyak berlatih sesuai dengan rencana program belajar gerak. This study aims to develop a learning model of basic long jump movement skills based on play and find out the effectiveness of the learning model that has been developed. The problem that is the basis for conducting this research is that some literature has not found a model of learning long jump skills in grade IV at the elementary school level, especially grade IV based on play. The method used in this research is Borg and Gall research and development through 10 stages of development. Participants involved in the small group test were 60 students from 2 schools and in the large group test 100 learners. Then the participants involved in the model effectiveness test were 104 students who were divided into 2, namely 52 students in the control group and 52 students in the experimental group. Based on the calculation results of the N-Gain Score (%) test, it shows that the average N-Gain Score of the experimental group is 76.56 or 76.56% included in the effective category. While the average N-Gain Score for the control group of 34.88 or 34.88% was included in the Ineffective category. From the results of these calculations, it can be seen that the use of learning models in experimental groups is effective for improving basic long jump movement skills. However, there are several things that need to be considered during the study, namely: 1) It is better for teachers to give direct instructions to students, and provide examples of movements so that mistakes do not occur; 2) pay attention to the initial skills of learners; 3) The motion learning model can be applied from easy to difficult or which has better advantages, so that students must practice more according to the movement learning program plan. Keywords: Long jump, physical education, play, N-Gain Score

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. dr. Junaidi, Sp.KO, Subsp, ALK (K) 2). Prof. Dr. Ramdan Pelana, M.Or
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 20071 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 23:01
Last Modified: 05 Sep 2023 23:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41093

Actions (login required)

View Item View Item