PELAKSANAAN PEMBELAJARAN VOKASIONAL BUDIDAYA IKAN HIAS PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif Pada Siswa SMALB Negeri 6 Jakarta)

EDY SULISTIANTO, . (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN VOKASIONAL BUDIDAYA IKAN HIAS PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif Pada Siswa SMALB Negeri 6 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran vokasional budidaya ikan hias pada siswa tunagrahita ringan tingkat SMALB di SLB Negeri 6 Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat perencanaan pembelajaran mengacu pada kurikulum 2013 budidaya perikanan yang disesuaikan dengan kondisi siswa tunagrahita ringan. Pada pelaksanaan pembelajaran, jenis ikan yang dibudidayakan yaitu ikan cupang hias, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode demonstrasi dan drill, media yang digunakan yaitu benda konkrit berupa wadah, alat, dan bahan budidaya ikan cupang hias. Evaluasi dalam pembelajaran dilakukan secara tes tertulis dan non tes. Faktor pendukung dalam pembelajaran yaitu sarana dan prasarana budidaya ikan hias yang tersedia sudah memadai, sumber dan bahan ajar yang mudah didapat, interaksi guru dengan dan interaksi guru dengan orang tua siswa yang dilakukan dengan baik. Faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu siswa menangkap ikan cupang hias kurang hati-hati, pemberian obat dan pakan berlebihan hingga ikan cupang hias tersebut sakit dan mati. Terdapat siswa yang mengkonsumsi obat dari terapis dengan efek membuat siswa menjadi ngantuk dan tidak fokus pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran vokasional budidaya ikan hias untuk siswa tunagrahita ringan bertujuan sebagai upaya untuk memandirikan dalam membudidayakan ikan cupang hias dan meminimalisir bantuan dari orang lain. ***** This study aims to determine the implementation of vocational learning for ornamental fish farming in mild mentally retarded students at the SMALB level at SLB Negeri 6 Jakarta. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection was carried out through interviews, observation, and documentation studies. Techniques for checking the validity of the data using data source triangulation techniques. The results showed that the teacher made a lesson plan referring to the 2013 curriculum for aquaculture which was adapted to the conditions of mild mentally retarded students. In the implementation of learning, the type of fish that is cultivated is ornamental betta fish, the learning method used by the teacher is a demonstration and drill method, and the media used is concrete objects in the form of containers, tools, and materials for ornamental betta fish cultivation. Evaluation in learning is carried out using written tests and non-tests. Supporting factors in learning, namely the facilities and infrastructure for ornamental fish farming are adequate, sources and teaching materials that are easy to get, teacher interaction, and teacher interaction with parents of students which are carried out well. The inhibiting factors in learning are students catching ornamental betta fish carelessly, and giving drugs and excessive feed so that the ornamental betta fish gets sick and dies. some students take drugs from therapists with the effect of making students sleepy and unable to focus on learning. The implications of this study indicate that vocational learning of ornamental fish farming for mild mentally retarded students aims as an effort to become selfsufficient in cultivating ornamental fish and minimizing assistance from others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. ; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 19819 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 23:35
Last Modified: 04 Sep 2023 23:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41102

Actions (login required)

View Item View Item