UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE (Penelitian Tindakan Kelas di KB As-Sholihin Kp. Gaok Kec. Pasar Kemis Kabupaten Tangerang)

IFAT SYAFIERA, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE (Penelitian Tindakan Kelas di KB As-Sholihin Kp. Gaok Kec. Pasar Kemis Kabupaten Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-NIM.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (114kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (994kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (207kB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE (Penelitian Tindakan Kelas di KB As-Sholihin Kp. Gaok Kec. Pasar Kemis Kabupaten Tangerang) (2019) IFAT SYAFIERA ABSTRAK Beberapa anak di Kelompok B KB As-Sholihin Tahun pelajaran 2018/2019 menunjukan kurangnya keterampilan motorik halus karena stimulus yang kurang optimal. Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan pra siklus mendapat angka keberhasilan sebesar 49,3 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun melalui kegiatan kolase yang dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2019. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari anak-anak kelompok B yang berjumlah 8 orang, yaitu terdiri 5 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Tujuan dalam penelitian ini dibatasi dengan keterampilan menggunakan satu tangan, keterampilan menggunakan dua tangan dan keterampilan grafik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Masing-masing siklus terdapat perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi berupa catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi serta pedoman penilaian keterampilan motorik halus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan motorik halus anak kelompok B pada tahap siklus I mencapai 76,72% dan siklus II mencapai 95, 36%. Perolehan persentase menunjukan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun. Implikasi penelitian ini yaitu bahwa kegiatan motorik halus dapat dijadikan alternatif dalam kegiatan di kelas dan untuk membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan pelaksanaan yang bervariasi dan tidak membosankan. Kata Kunci : Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Kolase, Anak Usia 5-6 Tahun EFFORTS TO IMPROVE FINE MOTOR SKILLS OF CHILDREN AGES 5-6 YEARS THROUGH COLLAGE ACTIVITIES (Classroom Action Research at KB As-Sholihin Kp. Gaok Kec. Pasar Kemis Tangerang) (2019) IFAT SYAFIERA ABSTRACT Some children in group KB As-Sholihin in year 2018/2019 show a lack of fine motor skills not optimal. This is evidenced by the results of observation on prasiklus which only has success rate of 49,3%. The purpose of this research is to determine and improve fine motor skills of children aged 5-6 years at at KB As-Sholihin Gaok Pasar Kemis, Tangerang through collage activities that was conducted in September – October 2019. Subjects in this study consisted of kindergarten children B totaling 8 children , which is composed of 5 boys and 3 girls. Purpose this research is uni-manual skill, bi-manual skills, and graphic skill. The method used in this research is classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consisting of planning (planning), action (acting), observation (observing) and reflection (reflecting). The data collection technique is through observation form field note, interview notes, documentation records and fine motor skills assessment guidelines. The results research showed a fine motor skills the children in B group as siklus I rate of 76,72% and siklus II rate of 95,36. The results presentation showed that collage activities can improve fine motor skills of children aged 5-6 years. The implication of this study is that collage activities can be used as an alternative in the classroom to help improve fine motor skill of children with implementation varied and not boring. Keywords : Fine Motor Skills, Collage Activities, Child Ages 5-6 Years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Wulan, M.Si. ; 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 539 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2020 14:45
Last Modified: 13 Mar 2020 14:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4135

Actions (login required)

View Item View Item