PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN SEGREGASI DI DKI JAKARTA

ISTI HARYANI, . (2023) PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN SEGREGASI DI DKI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PUBLIKASI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualifikasi pendidikan dan kompetensi pedagogi terhadap kualitas layanan pembelajaran karena persentase guru non spesialis masih mendominasi sekolah berbasis segregasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah model statistik analisis jalur (path analysis). Populasi sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah 112 orang guru SLB yang tersebar di 14 SLB di DKI Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh kualifikasi pendidikan terhadap kualitas layanan pembelajaran pada pendidikan tersegregasi di DKI Jakarta sebesar 40,2%, artinya jika kualifikasi pendidikan ditingkatkan maka kualitas layanan pembelajaran demikian juga akan semakin meningkat. 2) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kualitas layanan pembelajaran pada pendidikan segregasi di DKI Jakarta sebesar 15,3%, artinya jika kompetensi pedagogik guru ditingkatkan maka kualitas layanan pembelajaran demikian akan meningkat. 3) terdapat pengaruh kualifikasi pendidikan terhadap kompetensi pedagogik pada pendidikan segregasi di DKI Jakarta sebesar 12,1%, artinya jika kualifikasi pendidikan ditingkatkan maka kompetensi pedagogik demikian juga akan meningkat. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualifikasi pendidikan dan kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan pembelajaran pada pendidikan segregasi di DKI Jakarta This study aims to examine and analyze the effect of educational qualifications and pedagogical competence on the quality of learning services because the percentage of non-specialist teachers still dominates segregation-based schools. The research method used in this study is a quantitative descriptive method with survey techniques. While the data analysis technique used to answer the research hypothesis is a path analysis statistical model. The population as well as the respondents in this study were 112 SLB teachers spread over 14 SLB in DKI Jakarta. The data analysis technique used to test the hypothesis is path analysis. The results of the study show that 1) there is an effect of educational qualifications on the quality of learning services in segregated education in DKI Jakarta of 40.2%, meaning that if educational qualifications are improved then the quality of such learning services will also increase. 2) there is an effect of pedagogic competence on the quality of learning services in segregated education in DKI Jakarta of 15.3%, meaning that if the pedagogical competence of teachers is improved then the quality of such learning services will increase. 3) there is an effect of educational qualifications on pedagogic competence in segregation education in DKI Jakarta of 12.1%, meaning that if educational qualifications are increased then the same pedagogical competence will increase. The results of testing the main hypothesis in this study can be concluded that educational qualifications and pedagogic competence have a positive and significant effect on the quality of learning services in segregation education in DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Masduki Ahmad, S.H, M.M 2. Dr. Heru Santosa, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 20139 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:57
Last Modified: 06 Sep 2023 04:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41416

Actions (login required)

View Item View Item