RATNA NURHERDIATI, . (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI PROGRAM LINEAR BERDASARKAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN GENDER. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (271kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI PROGRAM LINEAR BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN GENDER RATNA NURHERDIATI Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) laki-laki dan Field Dependent (FD) perempuan, kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) laki-laki dan Field Independent (FI) perempuan serta faktor penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada kelas XI di MA Citra Cendekia pada tahun pelajaran 2022/2023 berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi program linear. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi Program Linear. Instrumen yang digunakan adalah tes GEFT untuk mengetahui gaya kognitif siswa, tes tertulis soal HOTS pada materi program linear dan wawancara. Teknik analisis data dengan langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini adalah: 1) Kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya kognitif FD laki-laki yaitu: kesalahan membaca, kesalahan pemahaman dan kesalahan mentransformasi. Sedangkan untuk tahapan keterampilan proses dan pengkodean kedua subjek penelitian sama-sama tidak melanjutkan atau tidak meneruskan untuk melakukan tahapan ini. 2) Kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya kognitif FD perempuan yaitu: kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan pengkodean. 3) Kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya kognitif FI laki-laki yaitu: kesalahan membaca, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan pengkodean. 4) Kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya kognitif FI perempuan yaitu: kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan pengkodean. 5) Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa diantaranya yaitu: a) waktu, b) ketelitian, c) kondisi fisik dan psikis, d) pemahaman konsep yang lemah, e) melakukan kesalahan yang diakibatkan oleh kesalahan sebelumnya, f) salah dalam memahami masksud kata dan g) tidak dapat menghubungkan antar informasi pada soal. Kata Kunci: Kesalahan, soal HOTS, Program Linear, Gaya Kognitif, Gender ANALYSIS OF STUDENT ERRORS IN SOLVING HOTS QUESTIONS ON LINEAR PROGRAMING BASED ON NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) IN TERMS OF COGNITIVE STYLES AND GENDER RATNA NURHERDIATI Abstract This study aims to determine the types of errors made by students with the male Field Dependent (FD) and female Field Dependent (FD), the types of errors made by students with the male Field Independent (FI) and the female Field Independent (FI) and the factors causing errors made by students in class. The type of research used in this research is descriptive qualitative, which is to analyze and describe students' errors in solving HOTS questions on Linear Program. The instruments used were the GEFT test to determine students' cognitive styles, HOTS questions on linear programming and interviews. Data analysis techniques with steps: data reduction, data presentation, and conclusions. Based on data analysis, the results of this study are: 1) the types of errors made by students with the male FD cognitive style, namely: reading errors, comprehension errors and transformation errors. Meanwhile, for the processing and encoding skills stages, the both of research subjects did not continue or did not continue to carry out this stage. 2) the types of errors made by students with the female FD cognitive style are: reading errors, comprehension errors, transformation errors, process skills errors and encoding errors. 3) the types of errors made by students with the male FI cognitive style are: reading errors, transformation errors, process skills errors and encoding errors. 4) the types of errors made by students with the female FI cognitive style are: comprehension errors, transformation errors, process skills errors and encoding errors. 5) The causes of errors made by students include: a) time, b) accuracy, c) physical and psychological conditions, d) weak understanding of concepts, e) making errors caused by previous errors, f) misunderstanding the meaning of words and g) unable to connect the information in the question. Keywords: Error, HOTS, Linear Programming, Cognitive Styles, Gender
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Lukita Ambarwati, M.Si. 2) Dr. Meiliasari, M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 20257 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:34 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41457 |
Actions (login required)
View Item |