MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KONSONAN DIGRAF BAGI PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR DENGAN METODE SAS DI PKBM INRII

EKO WAHYU WIJOYO KUSUMA, . (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KONSONAN DIGRAF BAGI PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR DENGAN METODE SAS DI PKBM INRII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Membaca merupakan aktivitas yang penting bagi peserta didik agar dapat mendapatkan pengetahuan dan wawasannya di sekolah. Namun, ditemukan peserta didik yang mengami kesulitan dalam membaca pada peserta didik lamban belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan konsonan digraf /ng/ menggunakan metode SAS di PKBM Inrii. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan peserta didik lamban belajar mengalami peningkatan keterampilan membaca permulaan konsonan digraf /ng/. Hasil evaluasi siklus I, peningkatan belum sesuai dengan kriteria peningkatan yang diharapkan dengan skor 73,33 untuk CS dan 66,67 untuk MS. Sedangkan pada siklus II, kedua peserta didik mendapatkan skor 96,67 dan memenuhi kriteria peningkatan yang diharapkan sebesar 50 poin dari asesmen awal. Hal itu menunjukan bahwa metode SAS mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan konsonan digraf /ng/ bagi peserta didik lamban belajar. ***** Reading is an important way for students to get a sense of knowledge and insights at school. However, slow learners students are still having difficulties to read. The purpose of this study is to improve reading skills at the consonant digraph /ng/ using the SAS method for slow learner students at Inrii community learning center. This study uses the classroom action research method. Techniques used were tests, observations, and interviews for data collecting purposes. Data analysis in this study used quantitative descriptive method. The results showed that slow learners experienced an increase in word recognition skills at the digraph consonant /ng/. The results on the first cycle shows an increase which still haven't met the criteria from the hypothesis by the score of 73.33 for CS and 66.67 for MS. Whereas on the second cycle, the two students got a score of 96.67 and have met the criteria of 50 points from the initial assessment. This shows that for slow learners, the SAS method were able to improve their word recognition skills in digraph consonant /ng/.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Leliana Lianty, M.Pd ; 2). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20298 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 23:24
Last Modified: 06 Sep 2023 23:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41540

Actions (login required)

View Item View Item