MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BAGI SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN MELALUI TUTOR SEBAYA DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING (KELAS II SDIT SEGAR AMANAH JAKARTA)

MIRA HAFILAH, . (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BAGI SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN MELALUI TUTOR SEBAYA DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING (KELAS II SDIT SEGAR AMANAH JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki tingkatan mulai dari bawah menuju ke atas yang sama halnya dengan strategi pembelajaran scaffolding, selanjutnya dalam penelitian ini yang bertujuan meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan menggunakan strategi scaffolding bagi anak dengan hambatan intelektual ringan di kelas II SDIT Segar Amanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDIT Segar Amanah. Subjek penelitian adalah siswa hambatan intelektual ringan kelas II yang terdiri atas 3 Orang siswa dengan tutor sebaya yang menjadi support dalam penelitian. Objek penelitian ini adalah keterampilan matematika. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi di siklus pertama kemudian dua kompetensi di siklus selanjutnya,desain penelitian ini menggunakan desain penelitian James MC Kernan yang terdiri atas perumusan masalah, asesmen kebutuhan, hipotesis, implementasi rencana, evaluasi tindakan, dan pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes tertulis, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi scaffolding dengan menggunakan tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan matematika siswa dengan hambatan intelektual ringan di kelas II SDIT Segar Amanah meningkat. Hal ini ditunjukan dari pre-test siswa mendapatkan nilai rata-rata 44 dari 100 Kemudian mengalami peningkatan pada siklus 1 nilai rata-rata siswa 80 dari 100 dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali mendapat nilai rata-rata 85 dari 100. ***** Mathematics learning has a level starting from the base to the top which is the same as the scaffolding learning strategy. Then this study aims to improve the capability to count sums using scaffolding strategies for children with mild intellectual disabilities in class II SDIT Segar Amanah. This type of research is classroom action research (PTK). This research was accomplished at SDIT Segar Amanah. The subject of the study was a class II mild intellectual disability student consisting of 3 students with peer tutors who became support in the study. The object of this research is maths skills. The research was conducted in two cycles consisting of four competencies in the first cycle and then two competencies in the next cycle. This research procedure utilises the James Mckernan research design, which consists of problem formulation, needs assessment, hypothesis, plan implementation, action evaluation and decision-making. This research was conducted collaboratively between the researcher and the class teacher. Data collection techniques used in this study include tests and observations. The data collection instruments used were tests and observation sheets. The results of this study indicate that the application of scaffolding strategies through using peer tutors can improve the maths skills of students with mild intellectual disabilities in class II SDIT Segar Amanah. This is shown from the pre-test: students get an average score of 44 out of 100. Then it increased in cycle one. The average student score was 80 out of 100, and in cycle 2, it increased again and got an average score of 85 out of 100.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd ; 2). Dr. Irah Kasirah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20299 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:42
Last Modified: 08 Sep 2023 00:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41546

Actions (login required)

View Item View Item