ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA TERHADAP LITERASI SAINS DI SEKOLAH DASAR

DWI MUSTIKA RANI, . (2023) ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA TERHADAP LITERASI SAINS DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi pada pembelajaran IPA terhadap literasi sains siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur denganmenggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Systematic Literature Review (SLR) merupakan metode penelitian yang mengidentifikasi, menginterpretasi, dan mengevaluasi temuan pada suatu topik penelitian untuk menjawab pertanyaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari basis data Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Penelitian ini mengkaji 11 artikel jurnal yang telah direduksi sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditentukan. Artikel-artikel yang dikumpulkan hanya artikel yang diterbitkan dari tahun 2018 hingga tahun 2023.Berdasarkan temuan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media video animasi dalam pembelajaran IPA memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa di Sekolah Dasar. Penggunaan media video animasi dalam pembelajaran IPA juga dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa seperti menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penemuan ilmiah serta menafsirkan bukti dan data secara ilmiah, sehingga media video animasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih media pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan literasi sains di Sekolah Dasar. ***** This research aims to determine the influence of using animated video media in science learning on the science literacy of elementary school students. The type of research used is a literature study using the Systematic Literature Review (SLR) method. Systematic Literature Review (SLR) is a research method that identifies, interprets, and evaluates findingson a research topic to answer pre-established questions. The data used in this study were obtained from the Google Scholar database with the assistance of the Publish or Perish application. This research examines 11 journal articles that have been narrowed down according to predetermined inclusion and exclusion criteria. The collected articles are only those published from 2018 to 2023. Based on the research findings, it is concluded that the use of animated video media in science learning has a positive and significant influence on the science literacy abilities of elementary school students. The use of animated video media in science learning can also enhance students' science literacy skills, such as explaining phenomena scientifically, evaluating and designing scientific discoveries, and interpreting evidence and data scientifically. Therefore, animated video media can be considered as an alternative in selecting science learning media to enhance science literacy skills in elementary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd.; 2). Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20171 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:06
Last Modified: 06 Sep 2023 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41578

Actions (login required)

View Item View Item