PENILAIAN E-MODUL KONSTRUKSI POLA KERAH REBAH

NARA CITRA AMALIA, . (2023) PENILAIAN E-MODUL KONSTRUKSI POLA KERAH REBAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

NARA CITRA AMALIA. 2023. Skripsi. Penilaian E-Modul Konstruksi Pola Kerah Rebah. Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran E-Modul Konstruksi Pola Kerah Rebah untuk siswa kelas X Busana dan mengetahui penilaian e-modul konstruksi pola kerah rebah. Metode yang digunakan yaitu metode experimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimental dengan desain one-shot case study. Menggunakan variabel tunggal yaitu penilaian e-modul konstruksi pola kerah rebah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) tertutup-terbuka (campuran) dengan skala bertingkat (rating scale), yang diberikan kepada panelis menggunakan indikator dari kriteria kelayakan modul meliputi aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, aspek kegrafikan dan juga menggunakan indikator dari aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran meliputi aspek rekayasa perangkat lunak dan aspek komunikasi visual. Hasil penelitian berdasarkan kriteria kelayakan modul adalah 93,01%, sedangkan berdasarkan aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran adalah 86,84%. Maka secara keseluruhan penilaian e-modul konstruksi pola kerah rebah mendapatkan hasil presentase sebesar 90,80%, e-modul ini dikategorikan “Sangat Baik” sesuai tabel presentase penilaian. E-modul konstruksi pola kerah rebah sebagai media pembelajaran telah dinilai sangat baik. Oleh karena itu, e-modul yang telah disusun dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri. Media pembelajaran e-modul yang dipilih mampu menjelaskan materi dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Kata Kunci : Penilaian, E-Modul, Konstruksi Pola, Kerah Rebah ***** This study aims to produce a learning media E-Module of Collar Down Pattern Construction for class X Fashion students and determine the assessment of the e-module of collar down pattern construction. The method used in this research is experimental method with quantitative approach. This type of research is preexperimental with a one-shot case study design. Using a single variable, namely the assessment of the e-module construction of the collar down pattern. The data analysis technique in this study used descriptive statistics. The data collection technique used a closed-open (mixed) questionnaire with a rating scale, which was given to panelists using indicators from the module feasibility criteria including aspects of content feasibility, linguistic aspects, presentation aspects, graphical aspects and also using indicators from aspects and criteria for assessing learning media including software engineering aspects and visual communication aspects. The research results based on module eligibility criteria are 93.01%, while based on aspects and criteria of learning media assessment are 86.84%. So the overall assessment of the e-module construction of the collar pattern gets a percentage of 90.80%, this e-module is categorized as "Very Good" according to the assessment percentage table. E-module of construction of collar down pattern as a learning media has been assessed very well. Therefore, the e-module that has been prepared can be used as a learning media that allows students to learn independently. The selected e-module learning media is able to explain the material well so that learning objectives can be achieved optimally. Keywords: Assessment, E-Module, Pattern Construction, Collar Down

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Vivi Radiona Sofyani Putri, M.Pd. ; 2). Yeni Sesnawati, S.Pd., M.T.
Subjects: Karya Umum > Indeks, Bibliografi
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 19958 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:34
Last Modified: 08 Sep 2023 01:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41595

Actions (login required)

View Item View Item