DAMPAK IMPLANTASI KOKLEA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA TUNARUNGU DI SLB B PANGUDI LUHUR

SAFRINA AWWALIYA, . (2023) DAMPAK IMPLANTASI KOKLEA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA TUNARUNGU DI SLB B PANGUDI LUHUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (795kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak dari implantasi koklea terhadap kemampuan menyimak siswa tunarungu di SLB B Pangudi Luhur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan metode analisis data yang alurnya adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 5 siswa tunarungu di SLB B Pangudi Luhur yang pernah menjalani implantasi koklea. Siswa-siswa tersebut adalah siswa yang memiliki inisial A, C, E, I, dan R. Siswa A adalah siswa kelas D1B, siswa C adalah siswa kelas D2A, siswa E merupakan siswa kelas D2B, sementara siswa I dan R berada di kelas D5A SDLB B Pangudi Luhur. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa tunarungu pengguna implan koklea selama proses pembelajaran di sekolah cukup baik. Kategori kemampuan menyimak yang baik adalah ketika siswa mampu mendengarkan ucapan dari guru maupun lawan bicara, siswa mampu memahami makna dari ucapan tersebut, siswa mampu menafsirkan ucapan menjadi sebuah informasi yang bermakna, siswa mampu mengevaluasi keunggulan dan kelemahan informasi, dan siswa mampu memberikan tanggapan atas informasi dengan tepat selama proses pembelajaran di sekolah. Namun implantasi koklea tidak berdampak secara signifikan terhadap kemampuan menyimak siswa tunarungu. Ditemukan bahwa kemampuan menyimak siswa tunarungu tidak hanya dipengaruhi oleh implan koklea saja namun faktor dari internal dan faktor eksternal. Faktor internal siswa diantaranya seperti minat, motivasi, rasa percaya diri, kecerdasan siswa, dan sebagainya. Faktor eksternal yang ikut memengaruhi kemampuan menyimak siswa tunarungu berupa metode pembelajaran bahasa untuk siswa tunarungu yang diterapkan di SLB B Pangudi Luhur yaitu MMR dengan ditunjang PKPBI, dan Bina Wicara.*****This study aims to describe the impact of cochlear implantation on the listening skills of deaf students at SLB B Pangudi Luhur. This research uses a qualitative case study approach with a data analysis method whose flow is data reduction, data presentation, and conclusions. Data collection techniques are done through observation, interviews, and documentation. The subjects in this study were 5 deaf students at SLB B Pangudi Luhur who had undergone cochlear implantation. The students are students who have the initials A, C, E, I, and R. Student A is a student of class D1B, student C is a student of class D2A, student E is a student of class D2B, while students I and R are in class D5A SDLB B Pangudi Luhur. The findings of this study indicate that the listening skills of deaf students who use cochlear implants during the learning process at school are quite good. The category of good listening skills is when students are able to listen to speech from teachers and interlocutors, students are able to understand the meaning of the speech, students are able to interpret speech into meaningful information, students are able to evaluate the advantages and disadvantages of information, and students are able to respond to information appropriately during the learning process at school. However, cochlear implantation does not have a significant impact on the listening skills of deaf students. It was found that the listening ability of deaf students was not only influenced by cochlear implants but internal and external factors. Internal student factors include interest, motivation, self-confidence, student intelligence, and so on. External factors that influence the listening skills of deaf students in the form of language learning methods for deaf students applied at SLB B Pangudi Luhur are MMR supported by PKPBI, and Bina Wicara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M.Pd. ; 2). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20376 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 00:17
Last Modified: 07 Sep 2023 00:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41601

Actions (login required)

View Item View Item