PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR (FLASHCARD) INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

GINA LARAS SIWI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR (FLASHCARD) INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Coverrr.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (758kB)
[img] Text
Lampirann.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali pengujian yaitu, one to one, kelompok kecil (small group) dan kelompok besar (field test). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media Kartu Huruf Bergambar (flashcard) pada pembelajaran membaca permulaan kelas I sekolah dasar. Data diperoleh melalui uji produk pada peserta didik dan pada proses wawancara guru. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa/i SDN Gunung 01 Pagi Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dengan menggunakan sampel siswa kelas I di SDN Gunung 01 Pagi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengukur kelayakan media kartu huruf bergambar (flashcard) Interaktif pada pembelajaran membaca permulaan kelas I sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media kartu huruf bergambar (Flashcard) interaktif, layak digunakan pada pembelajaran membaca permulaan kelas I sekolah dasar. Hal itu ditunjukan dari hasil perhitungan uji validasi dan uji peserta didik dengan presentase skor sebanyak 89% dalam kategori sangat layak. Kata kunci: Kartu Huruf Bergambar, Membaca Permulaan, Interaktif, flashcard. ***** This study uses Research and Development (RnD) with the ADDIE model. This research was conducted with three tests, namely, one to one, small group (small group) and large group (field test). The purpose of this study was to determine the feasibility of flashcard media in learning to read at the beginning of class I elementary school. Data were obtained through product tests on students and during the teacher interview process. The subjects of this study were students at SDN Gunung 01 Pagi Kebayoran Baru, South Jakarta. By using a sample of class I students at SDN Gunung 01 Pagi. The results of this study were to measure the feasibility of interactive flashcard media in learning to read at the beginning of class I elementary school. The results showed that the use of interactive flashcard media was suitable for use in learning to read at the beginning of grade I in elementary school. This is shown from the results of the calculation of the validation test and student tests with a score percentage of 89% in the very feasible category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd; 2). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 19679 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:36
Last Modified: 07 Sep 2023 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41668

Actions (login required)

View Item View Item