MODEL MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 34 JAKARTA)

ELLA KHAERUNISA ANJANI, . (2023) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 34 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ella Khaerunisa, Model Media Pembelajaran Video Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan pada kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri 34 Jakarta). Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. 2023. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan Pengembangan Video Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri 34 Jakarta, mengetahui kelayakan media pembelajaran video berdasarkan penilaian dari Ahli Materi Guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyyah Negeri 34 Jakarta, Ahli Media Animator pada Aplikasi Ruang Guru dan mengetahui penilaian dari 27 siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyyah Negeri 34 Jakarta terhadap Media Pembelajaran Video Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran Video: 1) Analisis, Analisis kebutuhan siswa kelas VIII MTS Negeri 34 Jakarta Timur. 2)Desain, Peneliti merancang hal-hal yang di perlukan pada media pembelajaran 3)Pengembangan, berdasarkan Evaluasi ahli 4) Implementasi, dilakukan pada siswa kelas VIII MTS Negeri 34 Jakarta Timur. 5) Evaluasi, Berdasarkan evaluasi siswa untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Adapun tahapan evaluasi media video pembelajaran keterampilan berbicara dalam bahasa arab berdasarkan penilaian: 1) Aspek pembelajaran memperoleh rata-rata presentase skor 86% yang termasuk dalam kategori sangat layak, 2) Aspek rekayasa media memperoleh rata-rata presentase skor 98% yang termasuk dalam kategori sangat layak, 3) Aspek komunikasi visual memperoleh rata-rata presentase skor 89% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian, maka Media Video Pembelajaran valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada keterampilan berbicara bahasa arab. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Keterampilan Berbicara bahasa Arab, Software Filmora ***** Ella Khaerunisa, Video Learning Media Model of Speaking Skills in Arabic (Development Research on class VIII at State Islamic Intermediate School 34 East Jakarta). Thesis. Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. 2023. The purpose of this research is to produce Video Learning Development of Arabic Speaking Skills for Class VIII Students at State Islamic Intermediate School 34 East Jakarta, knowing the feasibility of video learning media based on the assessment of Arabic Language Teacher Material Experts at State Islamic Intermediate School 34 East Jakarta, Media Animator Experts on the Ruang Guru Application and knowing the assessment of 27 class VIII students at State Islamic Intermediate School 34 East Jakarta on Video Learning Media for Arabic Speaking Skills. This research is a type of development research by producing products in the form of learning video media. The model used in this research is the ADDIE development model which consists of five stages in making video learning media: 1) Analysis, Analysis of the needs of class VIII students of MTS Negeri 34 East Jakarta. 2) Design, Researchers design things that are needed in learning media 3) Development, based on expert evaluation 4) Implementation, conducted on class VIII students of MTS Negeri 34 East Jakarta 5) Evaluation, Based on student evaluation for learning speaking skills. The feasibility level of video media learning speaking skills in Arabic based on the assessment: 1) The learning aspect obtained an average percentage score of 86% which is included in the very feasible category, 2) The media engineering aspect obtained an average percentage score of 98% which was included in the very feasible category, 3) The visual communication aspect obtained an average percentage score of 89% which was included in the very feasible category. Thus, the Learning Video Media is valid and feasible to use in the learning process on Arabic speaking skills. Keyword : Learning Video, Arabic Speaking Skill, Filmora Software

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. ACENG RAHMAT, M.Pd ; 2). AHMAD MARZUQ, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 18897 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:48
Last Modified: 07 Sep 2023 02:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41705

Actions (login required)

View Item View Item