PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PEMBELAJARAN KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KALIGRAFI PESERTA MAJELIS TAKLIM ASSALAM

RIFQI WAHYUDI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PEMBELAJARAN KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KALIGRAFI PESERTA MAJELIS TAKLIM ASSALAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAR NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video audio visual berupa video interaktif untuk meningkatkan pengetahuan kaligrafi bagi peserta Majelis Taklim Assalam di kelas remaja dan dewasa. Responden dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan ahli pengguna yaitu peserta Majelis Taklim Assalam sebanyak 15 orang. Penelitian ini menggunakan metode research & development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video interaktif pembelajaran kaligrafi layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran kaligrafi untuk peserta Majelis Taklim Assalam. Hasil penelitian ini terbukti setelah dilaksanakan uji kelayakan dan uji pengguna, hasil yang didapatkan dari uji kelayakan oleh ahli media mencapai 83,9% dengan kriteria sangat layak, uji ahli materi mencapai 91,6% dengan kriteria sangat layak, dan uji pengguna mencapai 89,2% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta Majelis Taklim Assalam dalam belajar kaligrafi. Hasil penilaian ini berdasarkan dari hasil pre-test yang menunjukkan sebesar 47,6% dan mengalami kenaikan pada post-test sebesar 85,6%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan berupa video interaktif untuk meningkatkan pengetahuan kaligrafi bagi peserta Majelis Taklim Assalam sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. ***** This study aims to develop audio-visual video media in the form of interactive videos to increase calligraphy knowledge for participants of the Assalam Taklim Assembly in youth and adult classes. Respondents in this study were media experts, material experts, and participant user experts, namely the Assalam Taklim Council, as many as 15 people. This study uses research & development methods using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The results of this study indicate that interactive calligraphy learning videos are feasible to be used as calligraphy learning media for participants of the Assalam Taklim Assembly. The results of this study proved that after carrying out the due diligence and user tests, the results obtained from the due diligence by media experts reached 83.9% with very feasible criteria, the material expert test reached 91.6% with very feasible criteria, and the user test reached 89. 2% with very decent criteria. In addition, the results of this study also showed an increase in the knowledge of the Assalam Taklim Assembly participants in learning calligraphy. The results of this assessment are based on the results of the pre-test which showed a score of 47.6% and an increase in the post-test of 85.6%. Therefore, it can be concluded that the media developed in the form of interactive videos to increase knowledge of calligraphy for participants of the Assalam Taklim Assembly is very suitable for use as learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Karta Sasmita, S.Pd, M.Si ,Ph.D. ; 2). Drs. Sri Koeswantono W, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 20232 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:26
Last Modified: 07 Sep 2023 04:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41729

Actions (login required)

View Item View Item