GUSTI, . (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN 30 PALEMBANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (597kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksaan dan evaluasi pendidikan inklusi di SDN 30 Palembang. Adapun teori yang digunakan yaitu menggunakan teori manajemen pendidikan inklusi dengan indikator, Peserta didik , kurikulum, proses pembelajaran, tenaga pendidik serta sarana dan prasarana. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis terhadap manajemen pendidikan inklusi di SDN 30 Palembang yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan telah menunjukkan kualitas yang cukup baik. Hasil penelitian pada aspek peserta didik, SDN 30 Palembang telah mampu memastikan bahwa seluruh siswa, tanpa memandang latar belakang atau kondisi, memiliki akses yang sama dan kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Dalam Kurikulum, sekolah ini telah berhasil menyusun rencana pembelajaran yang mencakup keberagaman dan mempertimbangkan kebutuhan siswa dengan siswa berkebutuhan khusus, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang inklusif. Pada aspek Pembelajaran, tenaga pendidik di SDN 30 Palembang telah mampu memberikan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar individu siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung perkembangan semua siswa. Tenaga Pendidik di sekolah ini juga telah menunjukkan kualitas profesionalisme dan keterampilan dalam mendukung keberhasilan pendidikan inklusi, terbukti dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif. Dalam hal Sarana dan Prasarana, SDN 30 Palembang telah memastikan ketersediaan fasilitas yang mencukupi untuk mendukung kebutuhan siswa dengan disabilitas, sehingga menciptakan lingkungan fisik yang inklusif. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Inklusi, Sekolah Dasar This study aims to analyze the planning, organizing, implementing and evaluating inclusive education at SDN 30 Palembang. The theory used is using the theory of inclusive education management with indicators, students, curriculum, learning process, teaching staff and facilities and infrastructure. The research method used is a qualitative case study research method with data collection techniques, observation, interviews and documentation. The results of the research based on the analysis of inclusive education management at SDN 30 Palembang which includes planning, organizing, implementing, and evaluating, it can be concluded that overall it has shown a fairly good quality. The results of the research on the aspect of students, SDN 30 Palembang has been able to ensure that all students, regardless of background or condition, have equal access and opportunity to participate in education. In Curriculum, this school has successfully developed lesson plans that include diversity and consider the needs of students with special needs, thus creating an inclusive learning experience. In the Learning aspect, educators at SDN 30 Palembang have been able to provide approaches that suit the needs and learning styles of individual students, thus creating a positive learning environment that supports the development of all students.Educators at this school have also demonstrated the quality of professionalism and skills in supporting the success of inclusive education, as evidenced by the effective implementation of learning activities. In terms of Facilities and Infrastructure, SDN 30 Palembang has ensured the availability of sufficient facilities to support the needs of students with disabilities, thus creating an inclusive physical environment. Keywords: Management, Inclusive Education, Elementary School
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi., M.Pd. ; 2. Prof. Dr. Neti Karnati., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 19734 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:09 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 06:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41808 |
Actions (login required)
View Item |