“ANALISIS PROSES PENANGANAN KAPAL PENUMPANG TERHADAP KETEPATAN WAKTU JADWAL OPERASIONAL KAPAL (STUDI KASUS PT PELNI CABANG TANJUNG PRIOK)”

AJI PANDITA RATU RUKMANTARA, . (2023) “ANALISIS PROSES PENANGANAN KAPAL PENUMPANG TERHADAP KETEPATAN WAKTU JADWAL OPERASIONAL KAPAL (STUDI KASUS PT PELNI CABANG TANJUNG PRIOK)”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses penanganan kapal penumpang terhadap ketepatan waktu jadwal operasional kapal yang bertempat di PT. Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Tanjung Priok. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder yang pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara untuk menentukan populasi, sample, pengumpulan data, mengolah data, dan menyusun data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jadwal estimasi dan realisasi kedatangan dan keberangkatan kapal tidak sesuai, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk kedatangan kapal adalah 01:43 (satu jam empat puluh tiga menit) dan untuk keberangkatan kapal adalah 00:54 (lima puluh empat menit) serta persentase kapal yang sesuai jadwal hanya 12% atau sebanyak 2 kali dari 17 kali beroperasi. Keterlambatan disebabkan oleh faktor cuaca, perbaikan mesin, proses clearance dan koneksi internet yang buruk. Maka dari itu, kordinasi antara pihak operasional kapal dan crew kapal serta stabilitas internet menjadi solusi dalam ketepatan waktu jadwal operasional kapal. Kata Kunci : Penanganan kapal, Kapal penumpang, Ketepatan waktu ***** The purpose of this study is to analyze the process of handling passenger ships on the timeliness of the ship's operational schedule located at PT. Cruise National Indonesia Tanjung Priok Branch. The method used is the method qualitative descriptive with primary and secondary data with data collection using observation and interviews to determine the population, samples, collecting data, processing data, and compiling data. The results of the study, it can be concluded that the estimated schedule and arrival realization and ship departures do not match, the average time required to the arrival of the ship is 01:43 (one hour and forty three minutes) and for ship departure is 00:54 (fifty four minutes) as well as ship percentage which is on schedule only 12% or as much as 2 times out of 17 times of operation. Delays are caused by weather factors, engine repairs, clearance processes and bad internet connection. Therefore, coordination between ship operations, and ship crew as well as internet stability is a solution in punctual schedule ship operations. Keywords: ship handling, passenger ship, punctuality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vivian Karim Ladesi, S.T., M.T
Subjects: Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Users 20370 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:40
Last Modified: 08 Sep 2023 02:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41879

Actions (login required)

View Item View Item