ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

NADIYA RIZKI HARYANI, . (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian kepustakaan atau library research untuk memperoleh data sesuai dengan topik permasalahan dalam penelitian. Sumber data yang digunakan adalah jurnal-jurnal yang relevan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble memberikan pengaruh dan meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan pembelajaran IPS. Model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran karena berpusat pada siswa, menimbulkan motivasi belajar siswa, dan dapat membangun komunikasi serta kerjasama antar siswa dengan cara berdiskusi secara kelompok. Sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar khususnya pada aspek kognitif atau pengetahuan yang maksimal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat dijadikan model pembelajaran alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. ***** This study aims to examine the cooperative learning model of the scramble type on social studies learning outcomes of elementary school students. This study uses descriptive qualitative research with library research methods or library research to obtain data according to the topic of the research problem. The data sources used are relevant journals. The results of this study state that the scramble type cooperative learning model influences and improves student learning outcomes, especially in social studies learning content. The scramble type cooperative learning model can make students active in the learning process because it is student-centered, raises student learning motivation, and can build communication and collaboration between students by discussing in groups. So that students can achieve learning outcomes, especially in cognitive aspects or maximum knowledge. Thus, it can be concluded that the scramble type cooperative learning model can be used as an alternative learning model used to improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, S.Pd, M.Pd; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20453 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:19
Last Modified: 08 Sep 2023 01:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41912

Actions (login required)

View Item View Item