IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI KECAMATAN PESANGGRAHAN

FATIMATUL AZIZAH, . (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI KECAMATAN PESANGGRAHAN. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
03 BAB 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan untuk mendapatkan data empirik mengenai implementasi pendidikan inklusif bagi peserta didik berkebutuhan khusus di Wilayah Kecamatan Pesanggrahan. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Pesanggrahan sebanyak 65 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan teknik pengumpulan data angket atau kuesioner yang ditujukan untuk guru. Hasil penelitian mendapatkan skor secara keseluruhan sebesar 57% siap dan 43% belum siap, yang mencangkup aspek kurikulum mendapatkan skor sebesar 62% siap dan 38% belum siap, aspek pendidik mendapatkan skor sebesar 86% siap dan 14% belum siap, dan pada aspek sarana dan prasarana mendapatkan skor sebesar 12% siap dan 88% belum siap. Hal tersebut menunjukkan bahwa SMP Negeri di Kecamatan Pesanggrahan cukup siap untuk mengimplementasikan pendidikan inklusif bagi peserta didik berkebutuhan khusus. ***** This survey research aims to obtain empirical data on the implementation of inclusive education for students with special needs in Pesanggrahan sub-district. The sample in this study were 65 public junior high school teachers in Pesanggrahan sub-district. Sampling using purposive sampling. The method used was a survey method with descriptive techniques. Data collection techniques were carried out questionnaire data collection techniques aimed at teachers. The results of the study obtained an overall score of 57% ready and 43% not ready, which includes aspects of the curriculum getting a score of 62% ready and 38% not ready, aspects of educators getting a score of 86% ready and 14% not ready, and in the aspect of facilities and infrastructure getting a score of 12% ready and 88% not ready. This shows that public junior high schools in Pesanggrahan sub-district are quite ready to implement inclusive education for students with special needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Lalan Erlani, M.Ed ; 2). Marja, M.Pd
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20442 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2023 23:48
Last Modified: 10 Sep 2023 23:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41954

Actions (login required)

View Item View Item