ERLINA SAOTA, . (2023) MODEL BAHAN AJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN QUANTUM (Penelitian Pengembangan Bahan Ajar di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Nias Selatan). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (620kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (386kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaanan bahan ajar yang dapat menunjang kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri di Kabupaten Nias Selatan. Berdasarkan studi pendahuluan salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa yaitu kurangnya bahan ajar membaca bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD berbasis kearifan lokal dengan pendekatan quantum. Bahan ajar yang dikembangkan akan digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran membaca di kelas IV SD Negeri di Kabupaten Nias Selatan. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SD Negeri yang ada di Kabupaten Nias Selatan yaitu SDN No. 071122 Teluk Dalam, SDN 071097 Telukdalam, SDN 071098 Teluk Dalam dan SDN Dharma Caraka Teluk Dalam. Adapun model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model Jolly and Bolitho yang terdiri dari tahap identifikasi kebutuhan, eksplorasi kebutuhan, realisasi kontekstual, realisasi pedagogis, produksi fisik, uji coba dan evaluasi produk. Berdasarkan studi pendahuluan bahan ajar yang dikembangkan terdiri atas 5 tema yang disesuaikan dengan kurikulum K-13 yang dikolaborasikan dengan kearifan lokal dan pendekatan quantum. Bahan ajar yang dikembangkan ini berbeda dengan penelitian sebelumnya, penelitian ini tidak hanya mengembangkan materi tetapi juga dilengkapi dengan komponen-komponen bahan ajar lainnya seperti tujuan pembelajaran, instruksi pembelajaran serta evaluasi. Selain itu, bahan ajar ini memperkenalkan siswa terhadap budaya Nias Selatan. Berdasarkan uji kelayakan baik teoritis maupun empiris, bahan ajar ini dinyatakan layak. Untuk uji teoritis ada 3 orang pakar yang memberikan penilaian yakni pakar ahli materi, pakar bahasa, dan pakar budaya diperoleh rata-rata 4. Uji empiris one to one guru diperoleh rata-rata 4 sementara, siswa diperoleh rata-rata 4,06. Uji kelompok kecil guru diperoleh rata-rata 4 dan siswa diperoleh rata-rata 4,2. Sementara uji kelompok besar diperoleh rata-rata 42,6. Uji efektivitas bahan ajar dinyatakan efektif karena terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pretes dan postes. Harga t hitung diperoleh sebesar 23,40 dengan db=91 dan angka sig. atau P-value = 0,000˂0,05 atau Ho ditolak. Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, keterampilan membaca bahasa Indonesia, kearifan lokal, pendekatan quantum This research was motivated by the low reading ability of grade IV students of SD Negeri in South Nias Regency. Based on preliminary studies, one of the causes of low reading ability of students is the lack of reading teaching materials Indonesian that suit the needs and characteristics of students. Therefore, this study aims to develop reading teaching materials Indonesian grade IV elementary school students based on local wisdom with a quantum approach. The teaching materials developed will be used as teaching materials in reading learning in grade IV SD Negeri in South Nias Regency. This development research was carried out at public elementary schools in South Nias Kabupaten, namely SDN No. 071122 Telukdalam, SDN 071097 Telukdalam, SDN 071098 Teluk Dalam and SDN Dharma Caraka Teluk Dalam The development model used in this study is using the Joli and Ballito model which consists of the stages of needs identification, needs exploration, contextual realization, pedagogical realization, physical production, Product trials and evaluations. Based on preliminary studies, the teaching materials developed consist of 5 themes adapted to the K-13 curriculum in collaboration with local wisdom and quantum approaches. The teaching materials developed are different from previous research, this research not only develops the material but is also equipped with other teaching material components such as learning objectives, learning instructions and evaluation. In addition, these teaching materials introduce students to South Nias culture. Based on feasibility tests both theoretical and empirical, this teaching material is declared feasible. For theoretical tests, there are 3 experts who provide assessments, namely material experts, language experts, and cultural experts, obtained an average of 4. One to one empirical test of teachers obtained an average of 4 while students obtained an average of 4.06. Small group test teachers obtained an average of 4 and students obtained an average of 4.2. While large group trials obtained an average of 42.6. The effectiveness test of teaching materials is declared effective because there are differences in student learning outcomes between pretests and posttest. The calculated price is obtained at 23.40 with db=91 and angka sig. or P-value = 0.000˂0.05 or Ho rejected. Keywords: development of teaching materials, Indonesian reading skills, local wisdom, quantum approach
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd 2). Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 20559 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 01:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 01:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42023 |
Actions (login required)
View Item |