DIVA ELVIANA, . (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PELAFALAN HURUF HIJAIYAH ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA (PTK DI RAUDHATUL ATHFAL AL-IKHLAS PONDOK RANGGON JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (862kB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (263kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis penggunaan media permainan ular tangga hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan pelafalan huruf hijaiyyah anak dengan jenjang usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas dengan subjeknya adalah seluruh siswa kelas Madinah. Jenis penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus yang setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu: perencanaan(planning), pelaksanaan tindakan(acting), pengamatan(observing) dan refleksi(reflecting). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 anak diantaranya 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, dan hasil analisis data peneliti menunjukkan peningkatan secara berturut turut dari pra-siklus, siklus I, siklus II hingga pada siklus III. Pada prasiklus terdapat 1 anak dengan persentase (8,3%) yang berkemampuan sesuai harapan namun 0 anak berkemampuan sangat baik, pada siklus I terdapat 2 anak dengan persentase (16,6%) yang berkemampuan sesuai harapan dan 3 anak (25%) yang berkemampuan sangat baik, kemudian pada siklus II terlihat peningkatan yang cukup baik yaitu 4 anak dengan persentase (33,3%) yang berkemampuan sesuai harapan dan 5 anak (41,6%) yang berkemampuan sangat baik, hingga pada puncak peningkatan yaitu pada siklus III dengan data 4 anak (33,3%) yang berkemampuan sesuai harapan serta 7 anak dengan persentase (58,3%) termasuk anak berkemampuan sangat baik. Dari data yang sudah didapat, penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan pelafalan huruf hijaiyah anak usia dini dengan jenjang usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Pondok Ranggon Jakarta Timur. Kata kunci : Kemampuan Pelafalan, Huruf Hijaiyah, Dan Ular Tangga Hijaiyah The research aimed to analyze the use of the hijaiyah snake ladder game media to improve the ability of early childhood students aged 5-6 years to pronounce hijaiyah letters. The study was conducted at Raudhatul Athfal Al-Ikhlas with the subjects being all students in the Madinah class. The research method used was Classroom Action Research (CAR) with 3 cycles, each cycle consisting of four stages: planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of this study were 12 children, including 7 boys and 5 girls. The data collection technique used in this study was observation, and the results showed an improvement from pre-cycle to cycle I, cycle II, and cycle III. In the pre-cycle, there was 1 child (8.3%) who developed as expected, but none developed very well. In cycle I, there were 2 children (16.6%) who developed as expected and 3 children (25%) who developed very well. In cycle II, there was a significant improvement with 4 children (33.3%) developing as expected and 5 children (41.6%) developing very well. The peak improvement was in cycle III, with 4 children (33.3%) developing as expected and 7 children (58.3%) developing very well. Based on the data obtained, the use of the hijaiyah snake ladder game media can improve the ability of early childhood students aged 5-6 years to pronounce hijaiyah letters at Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Pondok Ranggon Jakarta Timur Keywords: Pronunciation Ability, Hijaiyah Letters, and Hijaiyah Snake Ladder Game
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA. 2). Dr. H. Sa'dullah, S.Ag., M.Ag., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 19858 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 01:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 01:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42125 |
Actions (login required)
View Item |