HUBUNGAN PARADIGMA LINGKUNGAN BARU DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA DI JAKARTA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

MEGAWATI PUTRI SIDDIQK, . (2023) HUBUNGAN PARADIGMA LINGKUNGAN BARU DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA DI JAKARTA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan yang penting untuk dikembangkan oleh peserta didik dalam proses pendidikan, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan maka paradigma atau cara pandang peserta didik terhadap lingkungan, yakni paradigma lingkungan baru (New Environmental Paradigm) perlu dibenahi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara paradigma lingkungan baru dengan kemampuan berpikir kritis materi perubahan lingkungan pada peserta didik SMA di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif dengan studi korelasional. Penelitian dilaksanakan di SMAN 93 Jakarta pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 dengan melibatkan 140 peserta didik kelas X sebagai sampel yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen dalam bentuk kuisioner dan tes mengenai materi perubahan lingkungan. Berdasarkan uji prasyarat, diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan tingkat paradigma lingkungan baru peserta didik berada pada kategori tinggi (Pro NEP) dan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji regresi linear sederhana menggunakan rumus Pearson Product Moment diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara paradigma lingkungan baru dengan kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan. Hal ini berarti bahwa paradigma lingkungan baru memiliki kontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis. ***** An important ability to be developed by students in the educational process, one of which is the ability to think critically. To improve students' critical thinking skills in environmental change material, the paradigm or perspective of students towards the environment, namely new environmental paradigm, needs to be addressed. This study aims to determine the relationship between the new environmental paradigm and the ability to think critically on environmental change material in high school students in Jakarta. The research method used is descriptive with a correlational study. The research was conducted at SMAN 93 Jakarta in the even semester of the 2022/2023 Academic Year involving 140 class X students as a sample which was determined using the Slovin formula. Data collection was carried out using instruments in the form of questionnaires and tests regarding environmental change material. Based on the prerequisite test, it is known that the data is normally distributed and homogeneous. The results showed that the level of students' new environmental paradigm was in the very high category and the level of students' critical thinking skills was in the high category. Based on hypothesis testing with simple linear regression testing using the Pearson Product Moment formula, it is known that there is a positive relationship between the new environmental paradigm and the ability to think critically on environmental change material. This means that the new environmental paradigm has a contribution to critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. ; 2). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20145 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2023 23:52
Last Modified: 17 Sep 2023 23:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42138

Actions (login required)

View Item View Item