HUBUNGAN KECERDASAN NATURALIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

FITRI KUSUMANINGTIYAS, . (2023) HUBUNGAN KECERDASAN NATURALIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Untuk menghadapi berbagai tantangan dan mengimbangi persaingan pada perkembangan dunia di abad 21, diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni. Salah satu kemampuan dan keterampilan pada abad ke 21 adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kecerdasan naturalis dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sampel sebanyak 111 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji regresi dan korelasi sederhana. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,477 yang artinya terdapat hubungan positif kecerdasan naturalis dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi perubahan lingkungan dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan jika semakin tinggi kecerdasan naturalis maka semakin tinggi pula kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kecerdasan naturalis memberikan kontribusi sebesar 22,7% terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan 77,3% ditunjang oleh faktor lainnya. ***** To face various challenges and keep pace with competition in the development of the world on the 21st century, human resources who have qualified abilities and skills are needed. One of the abilities and skills on the 21st century is the ability to thinking on the high level known as higher order thinking skills (HOTS). This study aims to determine the relationship between naturalist intelligence and students higher order thinking skills on environmental change topics. This research used a descriptive correlational method with 111 students sample. The analysis technique used is a simple regression and correlation test. Based on the test result showed the correlation coefficient is 0.477, which means that there is a positive relationship between naturalist intelligence and higher order thinking skills on environmental change topics is quite strong. This shows that the higher the naturalist intelligence the more higher the ability of students higher order thinking skills. Naturalist intelligence contributes 22.7% to higher order thinking skills and 77.3% is supported by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erna Heryanti, S.Hut., M.Si. ; 2). Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20255 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:07
Last Modified: 21 Sep 2023 01:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42207

Actions (login required)

View Item View Item