ILYA SYAFIRA ZAHRA S P, . (2023) GAMBARAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2020. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (355kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu sumber stres yang terjadi pada mahasiswa adalah akademik. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran stress akademik pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2020. Sampel pada penelitian ini berjumlah 279 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan adalah survey dengan menyebar instrumen stres akademik yang terdiri dari lima aspek yaitu, tekanan belajar, beban tugas, kekhawatiran terhadap nilai akademik, ekspektasi diri dan keputusasaan yang dikembangkan oleh Sun et.al (2011), yang telah diadaptasi. Hasil Penelitian menunjukkan tingkat stres akademik mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi (2%), tinggi (85%), sedang (12%), dan rendah (1%). Jenis kelamin perempuan termasuk pada kategori stres akademik sangat tinggi dengan usia rata-rata 20 tahun. Program studi yang berada pada kategori stres akademik sangat tinggi yaitu PGSD, Teknologi Pendidikan, PGPAUD, dan Pendidikan Masyarakat. Sedangkan program studi yang berada pada kategori tinggi yaitu Pendidikan Khusus, Manajemen Pendidikan dan Bimbingan dan Konseling. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta angkatan 2020 berada pada stres akademik tinggi yang dipengaruhi oleh tingginya aspek ekspektasi diri. Penurunan tingkat stres akademik dapat menggunakan berbagai cara diantaranya, manajemen waktu, Self-talk, dan dapat menemui penyedia layanan Bimbingan dan Konseling untuk mendapatkan layanan yang lebih tepat. ***** One source of stress that occurs in students is academic. The research aims to get an overview of academic stress on students of the Faculty of Education, Jakarta State University Class of 2020. The sample in this study was 279 respondents. Sampling using purposive sampling technique. The method used is a quantitative method. The data collection carried out was a survey by distributing academic stress instruments which consisted of five aspects, namely, learning pressure, workload, anxiety about academic grades, self-expectations and hopelessness developed by Sun et.al (2011), which has been adapted. The results showed that the level of student academic stress was in the very high (2%), high (85%), moderate (12%) and low (1%) categories. Female gender is included in the category of very high academic stress with an average age of 20 years. Study programs that are in the very high category are PGSD, Educational Technology, PGPAUD, and Community Education. While study programs that are in the high category are Special Education, Educational Management and Guidance and Counseling. This shows that students of the Faculty of Education, Jakarta State University class of 2020 are at high academic stress which is influenced by high aspects of self-expectations. Reducing academic stress levels can be done in various ways including time management, self-talk, and being able to meet Guidance and Counseling service providers to get more appropriate services.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons. ; 2). Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 20338 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:02 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 02:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42310 |
Actions (login required)
View Item |